Jakarta –

Sepeda motor dan mobil yang terguling di jalan mendatangkan berkah bagi beberapa pihak. Salah satunya adalah pelaku usaha jasa cuci mobil dan motor.

Adam Samudra, pemilik Andhika Snow Car Wash, yang berlokasi di Buwek Monas, Tambun, mengatakan bahwa melalui bisnis pencucian kendaraan, ia dapat memperoleh jutaan keuntungan per hari.

"Omzet (kotor) sehari bisa mencapai Rp 1,5 juta," kata Adam, Kamis (25/6/2020).

Bisnis layanan cuci kendaraannya dapat melayani sepeda dan sepeda motor yang sudah menggunakan mesin hidrolik. Lalu apa ibu kotanya?

"Saya kebetulan memiliki dua unit mesin hidrolik yang dapat mengangkat kendaraan dengan berat maksimum 2 ton." kata Adam.

"Saya punya harga Rp 23 juta untuk 1 mesin hidrolik (Thunder H). Itu tergantung merek dan fitur yang dimilikinya," kata Adam.

Cuci Mobil Salju ndhika yang berlokasi di Buwek Monas, Tambun Foto: doc. Khusus

Selain itu, Adam juga menyediakan unit hidrolik untuk mencuci sepeda motor dengan Rp4 juta.

Pada dasarnya, peralatan yang digunakan sama dengan tempat pencucian konvensional, yang menggunakan kompresor. Penambahan mesin hidrolik berfungsi untuk mengangkat kendaraan. Tujuannya agar bagian bawah bisa dibersihkan, dan bisa mendapatkan nilai lebih di mata konsumen.

Berbeda dengan Adam, Santoso, salah satu aktor yang membuka layanan cuci motor khusus di Depok, menggunakan modal dan alat sederhana dengan modal di bawah Rp. 5 juta. Dia mengatakan paling banyak 50 sepeda motor mengunjungi per hari.

Layanan cuci sepeda motor Santoso Foto: doc. Khusus

"Musim hujan biasanya menjadi pundi-pundi bagi pengusaha jasa cuci motor, minimal 20 sepeda motor bisa masuk dalam sehari." kata Santoso.

"Lokasi itu kalau memungkinkan di jalan yang dilewati kendaraan. Pahitnya ada 5 sepeda motor, paling banyak 50 sepeda motor masuk," katanya.

Lihat video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era Normal Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)