Jakarta – Indonesia semakin yakin akan menggelar balap MotoGP pada 2021 mendatang. Komitmen itu ditunjukkan oleh CEO Dorna (penyelenggara MotoGP), Carmelo Ezpeleta, yang beberapa waktu lalu, bersama dengan IDTC (Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia) datang untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rencana menggelar MotoGP Indonesia nanti juga mengundang banyak tanggapan positif. Salah satunya datang dari mantan pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto, yang pernah berlaga di balap jet darat dengan Manor Racing.

"Tentu saja saya sangat senang bahwa Indonesia akhirnya memiliki sirkuit dengan standar FIA di mana ia dapat diadakan untuk MotoGP, dan mudah-mudahan apa yang direncanakan dapat dilakukan secara optimal," kata Rio, di Jakarta baru-baru ini.

Rio sendiri berharap agar Sirkuit Mandalika dapat benar-benar terwujud. "Karena pada tahun-tahun sebelumnya saya sudah sering mendengar bahwa akan ada sirkuit di Palembang, sirkuit di Bali tetapi belum pernah dilaksanakan, jadi semoga kali ini bisa dilakukan," lanjut pria yang baru saja ditunjuk menjadi penasihat untuk Tim balap Toyota Team Indonesia.

Pria asal Surakarta ini juga berharap bahwa Indonesia juga akan dapat membuat sirkuit yang dapat mengadakan balap Formula 1.

"Tentunya saya ingin Indonesia dapat memiliki acara internasional lainnya seperti Formula 1, atau juga Le Mans Rally, tetapi itu juga membutuhkan dukungan dari pemerintah," pungkasnya. (lua / rgr)