Jakarta –

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, dipastikan batal tampil di MotoGP Andalusia, Minggu (26/7). Pembalap berusia 27 tahun itu tidak mampu menahan cidera di tangan kanannya, yang diperoleh saat balapan perdana MotoGP 2020 pekan lalu.

Dua seri tanpa poin tentu bukan kabar baik bagi petahana yang mengincar rekor juara dunia. Terlebih lagi, dua pebalap Yamaha, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), tampak menunjukkan konsistensi pada awal musim ini.

Meski mengalami sejumlah kendala di seri pertama dan kedua, Marquez masih diperjuangkan sebagai salah satu kandidat juara dunia MotoGP 2020. Hal ini diungkapkan oleh pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

Menurut Rossi, kejuaraan ini belum berakhir untuk Marquez. Apalagi jika melihat kinerjanya di Sirkuit Jerez, pekan lalu, yang menebang pembalap di depannya dari posisi 17, sebelum akhirnya menabrak di posisi empat.

Marc Marquez masih memiliki kesempatan untuk memenangkan MotoGP 2020 Foto: Getty Images / Mirco Lazzari gp

"Pertama-tama itu akan tergantung pada berapa banyak poin yang dicetak oleh Vinales, Quartararo dan Dovizioso besok (26/7). Ini tentu akan menjadi kerugian, tetapi pekan lalu Marc menunjukkan jika dia memiliki kecepatan untuk menang, pada kenyataannya dia adalah yang tercepat dari semua. Saya pikir kejuaraan ini jelas belum berakhir untuknya, "kata Rossi, dikutip dari GPOne.

Tidak hadir di Sirkuit Jerez, berarti Marquez belum mengumpulkan poin sama sekali. Marquez jelas menghadapi perjuangan berat untuk memenangkan gelar MotoGP ketujuh tahun ini.

"Prioritas pertama sekarang adalah lenganku, berusaha untuk sembuh sesegera mungkin, dan mengendarai sepeda motor lagi seperti yang saya inginkan," kata Marquez, dikutip oleh Crash.

Sedangkan untuk Rossi, MotoGP Andalusia akan menjadi tempat yang tepat untuk membayar kesalahannya minggu lalu ketika ia gagal menyelesaikannya karena kendala teknis. Rossi akan mulai balapan dari posisi keempat di baris kedua.

"Kami terus bekerja dengan sepeda motor, saya merasa lebih baik, meskipun saya menderita pada sore hari, itu adalah kondisi yang sulit bagi semua orang. Dan sepertinya besok akan lebih panas. Ini bisa menjadi balapan terpanas yang pernah saya jalankan. situasi akan benar-benar pada batasnya, membuat 25 lap adalah tantangan, "pembalap berjuluk The Doctor itu mengatakan kepada GPOne.

"Saya akan mulai dari posisi yang baik dan langkah saya tidak buruk. Tetapi saya masih lemah di beberapa titik," tambahnya.

Lihat video "Tidak Menjadi Absen, Marc Marquez Siap tancap gas di MotoGP Andalusia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)