Kampanye perbaikan ini diadakan karena ditemukan bahwa kantung udara mungkin pecah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mitsubishi Motors, Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan penarikan melalui program Bidang Kampanye Perbaiki untuk kendaraan penumpang, Pajero Super Exceed, Delica dan Lancer SEi. Penarikan dilakukan terkait dengan masalah kantung udara.

Program ini juga dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Jenis Kendaraan Bermotor.

"Program kampanye peningkatan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation untuk menjaga kualitas kendaraan secara berkelanjutan dan memberikan jaminan layanan purna jual yang berkualitas untuk memastikan berkendara yang aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia," kata Direktur Penjualan & Divisi Pemasaran MMKSI, Irwan Kuncoro, dalam keterangannya kepada Republika.co.id, Jumat (1/2).

Kampanye peningkatan akan melibatkan 62 unit produksi kendaraan Pajero Super Exceed pada 2008-2013. Kemudian model kendaraan Delica 2014-2016 melibatkan 996 unit, dan produksi Lancer SEi tahun 2006-2012 adalah 220 unit.

Kampanye perbaikan ini diadakan karena ditemukan bahwa kemungkinan Air Inflator Airbag, komponen mekanis dari pengembang kantong udara, dapat pecah. Sehingga hal itu dapat menyebabkan komponen komponen terpental yang berpotensi melukai pengemudi atau penumpang depan, ketika airbag mengembang saat terjadi tabrakan frontal.

Dalam hal ini diketahui penyebab Air Inflator Tubuh berpotensi pecah karena pengembang kimia airbag, yaitu ammonium nitrat. Ini dapat berubah dalam akumulasi waktu yang lama sehingga rusak di bawah pengaruh perbedaan suhu dan kelembaban.

Saat ini komponen Airbag Inflator Tubuh baru sebagai pengganti kampanye peningkatan ini telah dikembangkan, tanpa menggunakan bahan kimia ini. Konsumen tidak perlu khawatir dalam seluruh proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, meskipun model kendaraan yang dimaksud tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI, tetapi komitmen dan tanggung jawab merek kepada konsumen masih dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti sebagai kampanye peningkatan ini.

"Kami mengundang konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksudkan untuk dapat memeriksa kendaraan mereka di dealer resmi kami dengan prosedur mudah dan kompensasi untuk penggantian suku cadang terkait tanpa biaya," kata Irwan Kuncoro,

MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang dan iklan ringan di seluruh Indonesia akan mengirim undangan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa biaya. Kampanye ini dimulai pada 1 Februari 2019 di semua dealer resmi kendaraan penumpang dan komersial Mitsubishi di Indonesia.

Konsumen dapat menghubungi dealer resmi kendaraan penumpang, dan perdagangan ringan Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kampanye perbaikan ini. Pada saat yang sama melakukan pemesanan layanan untuk kenyamanan dalam memperbaiki waktu mulai 1 Februari 2019.

Aktivitas ini memiliki perkiraan pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi.

Konsumen dapat mengetahui informasi lokasi dan menghubungi dealer resmi kendaraan penumpang Mitsubishi dan melakukan perdagangan ringan melalui situs resmi Mitsubishi.