Jakarta –

[Gambas:Video 20detik]

Carlos Ghosn memanipulasi jumlah uang yang diterima dari Nissan. Nissan juga belajar banyak dari kasus ini.

"Perusahaan ini tentu saja tidak dapat diterima, para ahli mengatakan manipulasi ini sangat serius dan cukup untuk memaafkan mereka. Pelajaran yang bisa diambil dari insiden ini adalah tidak membiarkan kekuasaan dipusatkan pada satu orang," kata CEO Nissan Hiroto Saikawa pada konferensi pers di Tokyo. , Senin (19/11/2018) malam.

Dalam 3 perusahaan mobil raksasa, Carlos Ghosn memang berkuasa. Di Nissan dan Mitsubishi, Carlos Ghosn memegang posisi ketua.

Ghosn menyerahkan posisi CEO Nissan kepada Hiroto Saikawa pada 2016 setelah aliansi Nissan-Renault mengakuisisi Mitsubishi. Saat di Renault, dia masih menjadi CEO dan Chairman. Ketiga perusahaan bersiap untuk menghancurkan Ghosn dari posisinya.

Menurut laporan media Jepang, Ghosn melaporkan kompensasi kurang dari yang ia terima. Jaksa penuntut umum mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Ghosn dan sutradara Greg Kelly berkomplot untuk mengecilkan penerimaan Ghosn terhadap laporan itu hingga setengahnya. Meskipun kompensasi yang diterima oleh Ghosn selama 5 tahun mulai dari 2010 pada kenyataannya adalah 9998 miliar yen.

Selama 2017, Ghosn menghasilkan 1,1 miliar yen dalam pendapatan pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2017.

Lahir di Brasil, Ghosn memulai karirnya di industri otomotif di Michelin. Dia kemudian pindah ke Renault pada tahun 1996.

Ghosn kemudian dipromosikan menjadi CEO Nissan pada tahun 2001, dan kemudian mengambil langkah yang luar biasa, pekerjaan ganda, menjadi CEO Renault pada tahun 2005.

(ddn / ddn)