Jakarta – Pembuat Garasi Katros Andi Akbar menceritakan kisahnya ketika ia bekerja pada sepeda motor Kawasaki W175 yang dimodifikasi milik Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dia mengungkapkan hal ini pada acara tersebut, Mr. Riders Builder Talk dengan Adira, di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, minggu lalu.

Dalam cerita itu, dia mengatakan dia telah menawarkan puluhan modifikasi konsep Jokowi melalui asisten pribadi presiden. "Jadi saat itu kami menawarkan 23 desain kepada Pak Jokowi. Selanjutnya, Istana minta seminggu. Akhirnya, model pelacak datar dibuat sebagai model sementara," kata Andi.

Jokowi modif sepeda motor Foto: Dok. Khusus

Jokowi sendiri menurut Andi memilih desain Chopper pada motor modifikasi kedua. "Proses perselisihan sementara hingga permanen sekitar satu bulan. Pak Jokowi memilih modifikasi gaya Chopper, dengan kerangka kaku dan ban besar," lanjut pria yang akrab disapa Atenx.

Salah satu kesulitan yang dialami Atenx saat memodifikasi sepeda motor hijau ini adalah karena dia tidak bisa langsung berhadapan langsung dengan Pak Jokowi. "Meskipun model Chopper harus sama sesuai dengan sepeda motor. Akhirnya, cari teman yang tingginya mirip dengan fitting Pak Jokowi," lanjut Atenx.

Akhirnya, dengan kekuatan 7 orang, sepeda motor Chopper dengan aksen Bobber Jokowi selesai pada bulan September 2018. Dan mulai digunakan pada bulan November.

"Jokowi tersenyum ketika melihat motor ini. Bagus bilang dia," pungkas Atenx. (lua / lth)