Stirling Moss, mantan pembalap Inggris meninggal 12 April 2020 pada usia 90 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan mobil sport Italia, Maserati membangun prototipe Maserati MC20. Mobil ini didedikasikan untuk Sir Stirling Moss, mantan pebalap Inggris yang meninggal pada 12 April 2020 dalam usia 90 tahun.

Desain mobil sprots diambil dari Maserati Eldorado. Itu adalah mobil satu kursi yang dikendarai oleh Stirling Moss pada debutnya di Monza pada tahun 1958 dalam acara "Trofeo dei due Mondi".

Di situs resmi Maserati, Kamis (14/5), perusahaan memilih 13 Mei untuk memperingati kemenangan legenda, Grand Prix F1 Monaco pada 13 Mei 1956. Saat itu ia mengendarai Maserati 250F.

Moss, yang mencatat 16 kemenangan dalam 66 start di balap Grand Prix Formula 1, adalah salah satu pembalap paling sukses yang pernah memenangkan gelar dunia. Dia memasuki kumis mahkota lebih dari sekali, berakhir di tempat kedua pada empat kesempatan, dan ketiga dalam tiga kejuaraan.

Karena alasan itu, ia dikenal sebagai raja tanpa mahkota. Pada musim 1956 dan beberapa balapan pada tahun 1957, Moss mengendarai Maserati 250F "favoritnya", dan hanya dikalahkan oleh Juan Manuel Fangio.

Melalui prototipe MC20 dengan tanda tangan Stirling Moss, Maserati ingin memperingati salah satu nama terbaik dalam sejarah olahraga motor dunia. Stirling Moss juga memiliki daftar mobil Maserati yang telah dikendarai oleh pembalap Inggris termasuk Tipo 60 Birdcage, Tipo 61 dan 300 S.

Pilihan prototipe MC20 untuk Stirling bukanlah suatu kebetulan. Melalui model ini, Maserati ingin menegaskan kembali keinginannya untuk mendukung acara balap, setelah mereka memenangkan kejuaraan dunia 2010 melalui MC12. MC20 akan menjadi mobil pertama yang mengadopsi mesin baru yang dikembangkan dan diproduksi oleh Maserati sendiri.

sumber: perantara