Jakarta –

Di tengah kondisi dunia otomotif yang masih lesu akibat pandemi virus corona, pabrikan mobil eksotis asal Italia, Maserati, meluncurkan produk terbarunya. Memperkenalkan Maserati MC20.

“Kami akan memperkenalkan model produk baru pada tahun 2021 yang akan mengupdate fitur-fitur menarik dari merek ini. Hari ini MC20 akan diperkenalkan tidak hanya sebagai mobil super sport tapi juga merayakan semangat Maserati,” ujar Managing Director Maserati Indonesia, Jason Broome pada konferensi pers. di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2020).

Beberapa keunggulan Maserati MC20 antara lain sasis berbahan karbon, mesin V6, bobot kendaraan kurang dari 1.500 kg, dan tenaga 621 hp.

Sasis karbon yang sepenuhnya ringan dipadukan dengan mesin twin turbo V6 seberat 1.500 kg yang mampu menghasilkan tenaga 621 hp menjadikan mobil ini paling ringan berdasarkan rasio bobot terhadap performa, jelas Jason.

Ada makna tersembunyi dibalik nama MC20. MC adalah singkatan dari Maserati Course, sedangkan 20 mengacu pada 2020.

Maserati mengklaim MC20 punya aerodinamika khusus. Body Maserati MC20 dirancang untuk lebih dari dua ribu jam kerja di Terowongan Angin Dallara. Itu belum termasuk lebih dari seribu simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics).

Hasilnya jelas. Maserati MC20 memiliki garis bodi yang ramping dan memiliki kesan minimalis yang tegas.

Memasuki kabin, interior dan panel kontrol MC20 memiliki kesan simpel namun berkelas. Memasang dua layar 10 inci: satu untuk kokpit dan satu lagi untuk Maserati Touch Control Plus (MTC Plus MIA).

Konsol tengah dibalut serat karbon dengan beberapa fitur built-in, seperti wireless charger smartphone, kenop pemilih mode mengemudi (terdiri dari GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off untuk menonaktifkan fungsi kontrol), dua tombol pemilihan kecepatan, power kontrol jendela, kontrol perangkat multimedia serta kompartemen penyimpanan. Sedangkan tombol kontrol lainnya ada di setir, seperti tombol start di kiri dan launch control di kanan.

Bagaimana spesifikasi Maserati MC20?

Untuk dapur pacu, Maserati MC20 dibekali mesin Nettuno baru (mesin yang dikembangkan Maserati mengadopsi teknologi F1) dengan konfigurasi baru V6 twin turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 621 hp dan torsi puncak 730 Nm. Untuk berakselerasi 0-100 km / jam hanya butuh waktu 2,9 detik. Sedangkan top speed diklaim mampu menembus 325 km / jam.

Hanya saja pada sesi ini perkenalan kepada masyarakat Indonesia ini, Maserati Indonesia belum membawa unit mobilnya. Peluncuran model produksi Maserati MC20 dijadwalkan akan dimulai akhir tahun ini, sementara pesanan mulai diterima pada 9 September setelah debut dunianya.

Saksikan Video "Penampakan Sepeda Motor Eropa Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)