Banyak orang yang meremehkan penggunaan kendaraan bertransmisi otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Koordinator Pelaksana Divisi Pelayanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, sejak tahun 2006 banyak konsumen yang mengalami kecelakaan, baik kecelakaan fatal maupun kecelakaan ringan (minor). cedera). Pihaknya juga menilai perlu adanya edukasi tentang bagaimana menggunakan transmisi otomatis.

“Kalau kita lihat, banyak kejadian serupa juga terjadi di luar negeri, tidak hanya di Indonesia,” kata Bambang dalam bengkel virtual info otomotif di Jakarta, Selasa (15/9).

Bambang mengatakan, penggunaan kendaraan bertransmisi otomatis banyak yang meremehkan. Namun, ternyata ada juga yang kurang paham dan paham tentang penggunaan kendaraan bertransmisi matic.

“Masih banyak pengguna yang belum begitu paham bagaimana menggunakan transmisi otomatis yang efektif dan aman,” ucapnya.

Dalam bengkel virtual, Daihatsu kemudian berbagi informasi seputar teknologi dan mekanisme kerjanya. Workshop ini dibagi menjadi dua sesi utama yaitu teori dan praktek menggunakan fun simulator.

Pada sesi pertama, Daihatsu memberikan informasi dasar tentang cara kerja sistem beserta detail komponennya, kemudian juga jenis transmisi otomatis yang beredar di pasaran dan tentunya transmisi yang digunakan pada mobil Daihatsu dan yang tidak ketinggalan adalah mekanisme dan prinsip kerja masing-masing komponen.

Kemudian memasuki sesi kedua, Daihatsu mengajak wartawan untuk melakukan simulasi perakitan komponen transmisi matik tiruan dengan tipe Transmisi Otomatis Hidraulik secara bersama-sama. Pada bengkel kali ini, selain sesi pelatihan teori dan praktek, Daihatsu juga membagikan tips dan trik penggunaan mobil matic Daihatsu agar setiap komponen pada bagian transmisi ini dapat selalu efisien, terawat, dan optimal dalam penggunaan.

“Kami berharap bengkel ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang teknologi transmisi matik khususnya pada mobil Daihatsu yang pada akhirnya dapat dipraktekkan dan ditularkan kepada orang lain untuk berkendara yang efektif, efisien dan aman,” pungkasnya.

sumber: Antara