Jakarta –

Membeli mobil bekas menjadi pilihan sebagian orang yang membutuhkan kendaraan dengan harga yang terjangkau. Namun pembeli mobil bekas seringkali mengabaikan kondisi ban pada mobil yang hendak dibelinya.

Produsen ban asal Korea Selatan, PT Hankook Tire Sales Indonesia menilai pembelian mobil bekas harus diimbangi dengan kewaspadaan pembeli karena mobil bekas bisa dengan mudah disulap menjadi tampilan baru. Hal ini menjadi aspek penting bagi pembeli agar lebih berhati-hati dalam membeli mobil bekas, dimulai dari pemilihan dealer yang tepat dan terpercaya serta pengecekan seluruh komponen kendaraan secara menyeluruh serta melakukan pengujian (test-drive) agar tidak menambah biaya tambahan yang akhirnya malah menjadi merugikan. .

Bagian yang perlu dicek sebelum melamar mobil bekas adalah ban. Seperti diketahui, ban merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal dan perlu kerja keras di jalan.

Presiden Direktur Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin melihat tiga aspek penting yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pertama, perhatikan orisinalitas keempat ban mobil bekas yang akan dibeli, termasuk apakah ban serep tersebut masih layak atau tidak.

Pahami spesifikasi setiap ban dan konfirmasi sejarah penggantian ban sebelumnya. Jika ternyata ban sudah diganti, periksa juga apakah keempat ban berukuran benar. Selain itu, jika ingin mengganti ban baru dengan ukuran yang lebih besar perlu memperhatikan ukuran diameter keseluruhan baik pelek maupun ban harus tetap sama dengan ukuran ban asli atau lama agar tidak berantakan. spidometer dan pastikan indeks beban masih mengacu pada rekomendasi pabrikan mobil. Untuk menentukan ukuran yang benar saat menaikkan ukuran ban, Anda dapat menggunakan kalkulator ban atau bertanya kepada dealer ban terdekat.

“Secara umum sangat disarankan keempat ban tersebut tidak memiliki spesifikasi yang berbeda. Kalau mau diganti harus diganti secara bersamaan. Namun, tetap dimungkinkan jika hanya dua ban yang diganti, selama ban baru ada. untuk dipasang di roda belakang. Jika hanya satu ban yang diganti. diganti bisa menyebabkan ketidakseimbangan kiri / kanan yang berdampak pada kualitas traksi yang tidak cukup kuat sehingga berdampak pada performa kendaraan, ”jelas Shin seperti tertulis dalam siaran persnya.

Kedua, periksa keausan tapak ban. Jangan menjaga agar ban tidak gundul, pastikan keausan tapak ban masih dalam ambang batas minimum bertanda TWI (Tread Wear Indicator) yaitu setebal 1,6 mm dari permukaan dasar tapak ban. Selain itu, lihat dan bandingkan kilometer atau odometer yang ditempuh mobil bekas dengan batas keausan ban itu sendiri. Ban yang melebihi batas harus segera diganti karena akan berpengaruh pada performa kendaraan yang tidak maksimal dan selanjutnya bahaya seperti ban pecah atau bocor.

Ketiga, periksa tekanan ban. Memastikan tekanan angin berada pada level yang disarankan juga merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah kendaraan bekas yang dibeli dalam keadaan baik atau tidak. Tingkat tekanan udara yang optimal untuk ban dapat dilihat di bagian dalam pintu mobil atau di buku petunjuk mobil. Hankook Tire merekomendasikan pemeriksaan tekanan ban setiap bulan.

Terakhir, Anda juga bisa melakukan test drive pada mobil bekas yang ingin Anda beli. Rasakan kondisi mobil saat berbelok, mengerem, berakselerasi. Perhatikan juga kebisingan yang timbul saat menambah atau mengurangi kecepatan dan posisi roda kemudi apakah sudah sesuai dengan posisi ban. Kondisi kemudi yang tidak nyaman akan mempengaruhi kenyamanan berkendara dan juga dapat menunjukkan bahwa ban memerlukan servis spooring.

Bayangkan saja jika mobil bekas yang dibeli segmen MPV atau sedan kemudian dipaksakan menggunakan ban SUV, hal ini akan menurunkan performa kendaraan yang tidak hanya merusak kenyamanan berkendara tetapi juga membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang di dalamnya. Karena itu penting bagi pemilik mobil untuk mengecek ban mobil bekas dan mencari tahu jenis ban apa yang paling cocok dengan menanyakan kepada tenaga ahli terkait, seperti mengunjungi dealer terdekat, ”tutup Shin.

Tonton video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)