Jakarta –

Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan persyaratan bagi masyarakat untuk mengemudikan kendaraan bermotor. SIM juga memiliki masa berlaku. Jika masa berlaku SIM telah lewat, maka pengemudi dilarang berkendara di jalan raya.

Jadi detikers, coba cek tanggal kadaluwarsa SIM kamu. Jika sudah mendekati masa kadaluarsa, jangan lupa untuk memperpanjang masa berlaku SIM Anda. Pasalnya, jika masa berlaku SIM telah lewat, maka Anda tidak bisa lagi memperpanjangnya, melainkan harus membuat SIM baru dari awal.

Hari ini, Minggu (13/9/2020), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya membuka layanan mobile SIM. Minggu ini, SIM seluler di Jakarta hanya dibuka di dua lokasi. Berikut lokasinya seperti dikutip dari tweet TMC Polda Metro Jaya:

– SEDERHANA 02: ITC Cempaka Mas
– SIMLING 03: Kampus Trilogi Kalibata

Layanan SIM seluler terbatas saat ini. Layanan Mobile SIM hanya buka mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

Layanan SIM Mobile Polda Metro Jaya hanya melayani aplikasi perpanjangan SIM A dan SIM C sebelum masa berlakunya habis. Jika masa berlaku SIM berakhir, penerbitan seperti SIM Baru akan berlaku.

Ingin memperbarui SIM Anda hari ini? Siapkan biaya Rp80.000 untuk perpanjangan SIM A atau Rp75.000 untuk perpanjangan SIM C. Biaya perpanjangan SIM tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Adapun syarat perpanjangan SIM A atau SIM C adalah sebagai berikut:
1. Fotokopi KTP yang masih berlaku,
2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli,
3. Bukti Pemeriksaan Kesehatan.

Tonton Video "Polisi Masih Tutup Layanan SIM-STNK Hingga 29 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lua)