Australia adalah salah satu target utama BT-50.

REPUBLIKA.CO.ID, FUCHU – Di truk pickup atau kelas kabin ganda, Mazda mengandalkan produk yang disebut BT-50. Akhir pekan lalu, pabrikan Jepang itu juga secara resmi menghadirkan generasi terbaru BT-50.

Dilansir dari Car and Driver, Selasa (23/6), produk ini dikembangkan melalui platform berbagi dengan Isuzu D-Max. Sebagai pembeda, Mazda juga membungkus mobil ini dengan bahasa desain Kodo unik milik Mazda.

Kehadiran BT-50 generasi ketiga ini cukup panjang. Mengingat, jarak antara generasi kedua dan ketiga adalah sekitar sembilan tahun. Setelah berpikir keras, nampaknya sekarang Mazda baru saja memutuskan bahwa generasi ketiga BT-50 ini adalah generasi pertama yang menerapkan bahasa desain Kodo.

Artinya, kini BT-50 juga hadir dengan penampilan yang seragam dengan sejumlah line-up lainnya dari Mazda. Dengan desain yang khas, terutama pada Grille, Mazda tampaknya yakin bahwa kabin ganda ini dapat meningkatkan penetrasi pasar di kelas itu.

Soal dapur pacu, BT-50 dilengkapi dengan powertrain diesel turbo 3 liter 188 tenaga kuda. Sedangkan untuk sistem penggerak, mobil ini hadir dengan opsi penggerak dua roda atau empat roda.

Sistem transmisi juga dilengkapi dengan opsi enam kecepatan manual dan otomatis. Dengan kombinasi opsi yang terkait dengan kinerja, Mazda juga siap menjadi ancaman bagi Chevrolet Colorado, Ford Ranger dan Toyota Tacoma.

Di kabin, Mazda juga memberikan perubahan signifikan. Apalagi di bagian dashboard yang sekarang memiliki tata letak yang lebih apik. Selain itu, mobil ini kini juga dilengkapi dengan layar sentuh 9 inci dan pengatur suhu yang siap memanjakan pengemudi.

Hingga saat ini, Mazda belum mengkonfirmasi berapa harga dan kapan produk ini bisa dikirim ke konsumen. Namun, saat ini Mazda menekankan bahwa Australia adalah salah satu target utama BT-50.