Jakarta –

Kecelakaan supercar lain terjadi di Jalan Tol Jagorawi. McLaren MP4-12C berantakan setelah mengalami selip yang diduga melaju dengan kecepatan tinggi.

McLaren MP4-12C, diketahui bernilai sekitar Rp. 4,41 miliar, mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol Jagorawi pukul 10.50 WIB, Minggu (3/5/2020). Kasat Soas Komisaris Polisi Bogor Fajar Hari Kuncoro menjelaskan bahwa pengemudi itu dicurigai ceroboh ketika mengendarai mobil, menyebabkannya tergelincir.

"Kendaraan oranye McLaren datang dari arah Baranangsiang, Kota Bogor ke Jakarta. Setibanya di jalan tol TKP Jl Jagorawi Km 43.00, diduga pengemudi itu gegabah sehingga kendaraannya tergelincir," kata Fajar.

Akibat insiden itu tubuh tampak hancur, tetapi pengemudi dan penumpang mengalami cedera ringan.

McLaren MP4-12C dalam kondisi utuh Foto: evo.co.uk

Mengapa Supercar Mewah Mudah Hancurkan?

Dari gambar-gambar yang beredar, McLaren menyelinap keluar dari jalan raya. Kerusakan sangat parah, di mana tubuh depan dan belakang hancur. Sementara tidak ada pintu samping pengemudi.

Sangat mahal, mengapa banyak supercar mudah putus?

Menurut instruktur Rifat Drive Labs Erreza Hardian bahwa bagian depan atau belakang mobil yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir mudah hancur ketika ada dampak kekerasan. Ini adalah Crumple Zone, zona dalam kendaraan yang dirancang untuk menyerap energi kinetik selama kecelakaan.

Zona crumple dirancang khusus sehingga dapat dengan mudah dideformasi. Sementara kabin penumpang diperkuat dengan menggunakan baja berkekuatan tinggi dan material lain sehingga keamanan penghuni kendaraan terjamin.

Supercar McLaren mengalami kecelakaan tunggal di Ruas Jalan Tol Jagorawi, Minggu (3/5) yang diduga karena kelalaian pengemudi. Akibatnya, pengemudi dan penumpang mengalami cedera ringan. Foto: Dok. Khusus

Pajaknya sangat mahal

Dengan harga pasar di atas Rp4 miliar, McLaren MP4-12C memiliki pajak kendaraan yang sangat tinggi.

Dilihat dari halaman Jakarta Samsat, tertulis bahwa McLaren MP4-12C 2012 memiliki Pajak Kendaraan Bermotor Dasar (PKB) sebesar Rp. 90.405.000, ditambah Kewajiban Pendanaan Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) sebesar Rp. 143 ribu, total pajak Rp. 90.548.000.

Masa berlaku STNK masih sampai 16 Juli 2021, sementara status pajak mobil masih hidup.

Siapa pemiliknya tidak diketahui. Masih dari halaman Samsat Jakarta, itu ditulis McLaren dengan tag Rp. 4,41 miliar atas nama PT. Bank Danamon Ind Tbk, kepemilikan pertama progresif.

Mengendarai Supercar tidak mudah

McLaren MP4-12C adalah salah satu mobil terbaik yang pernah dibuat oleh pabrikan Inggris. Dikembangkan dengan desain Formula 1, mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo, 3,8 liter yang mampu menghasilkan 592 tenaga kuda.

"Karakter supercar berbeda dari kendaraan lain, dan nuansa membawa supercar berbeda dari melihat, mendengar detak jantung yang luar biasa." kata Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu

"Ada faktor psikologis, baunya, suara knalpot ini akan memunculkan hormon endorfin, begitu kita berada dalam sensasi yang namanya meningkat adrenalin. Ketika endorfin disertai dengan adrenalin, maka logikanya tidak diputar." dia menjelaskan.

Lihat videonya "Kecelakaan di Jalan Tol Jagorawi, Severe McLaren Supercar!"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rip)