SUV Kia Sorento 2021 dipastikan akan tersedia di pasar global pada akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – SUV Kia Sorento 2021 dipastikan akan tersedia di pasar global pada akhir tahun ini. Kehadiran Kia Sorento menambah ketatnya persaingan di segmen sport utility vehicle (SUV) model yang belakangan ini semakin populer di dunia.

Sorento generasi keempat terbaru hadir dengan desain yang berbeda dari pendahulunya. Banyak pembaruan, mulai dari desain, pilihan mesin, hingga interior. Dan, sejak pertama kali diluncurkan pada 2002, Sorento kini memiliki penjualan 1,5 juta unit di dunia.

“Kombinasi gaya, utilitas, keamanan, dan kenyamanan menjadikannya favorit pelanggan abadi. Sorento baru yang luar biasa ini menetapkan standar yang lebih tinggi di kelas SUV kompak dan mewakili puncak desain dan teknik Kia, ”kata CEO Kia Motors Amerika Utara dan Kia Motors America, Sean Yoon, dikutip Kamis (1/10).

Bagian luar
Terlepas dari garis lebih tajam pada bodi, Sorento baru telah berkembang di bagian depan. Gril "hidung harimau" baru yang menjadi ciri khas baru Kia, juga disematkan pada Sorento 2021, selain Karnaval baru dan beberapa model lainnya.

Lampu depan memiliki fitur baru & # 39; garis mata harimau & # 39; Lampu LED siang hari. Ini menambah fokus ekstra pada desain dengan menggambarkan garis luar yang intens di sekitar mata harimau.

Bibir bemper yang tajam juga dilapisi dengan pelat selip, yang menyempurnakan tampilan kokohnya. Model baru ini memiliki lebar 1.900 mm, lebih lebar 10 mm dari Sorento generasi ketiga.

Terinspirasi dari Telluride, Sorento mengadopsi lampu belakang vertikal baru yang membalut sisi bodi. Garis-garis tajam pada bodywork yang lurus menggemakan tampilan teknis bagian depan mobil, dengan bentuk horizontal yang digunakan untuk membuat kendaraan tampak lebih lebar dan berkesan di jalan. Sorento baru akan tersedia dalam 10 pilihan warna, dengan pilihan roda 17, 18, 19 dan 20 inci.

Pedalaman
Kabin Sorento yang baru, intuitif, dan berorientasi pada teknologi dilengkapi dengan bahan berkualitas premium dan infotainment mutakhir. Kia juga mempertahankan kelapangan dan keserbagunaan yang menjadi ciri khas Sorento selama 18 tahun keberadaannya.

Cluster driver instrumen digital 12,3 inci tersebut dipadukan dengan infotainment layar sentuh 10,25 inci dan sistem navigasi di tengah dashboard, desainnya sangat mirip atau bahkan sama dengan yang ada di Carnival baru.

Berbagai fungsi mobil juga dapat dikontrol dengan tombol haptic baru di kedua sisi layar, yang juga menampilkan sistem kontrol suhu di bawah dasbor.

Kabin Sorento baru secara halus mengintegrasikan berbagai teknologi lainnya, termasuk sistem pencahayaan sesuai suasana. Ini memancarkan cahaya sekitar yang lembut dari bawah dasbor dan trim pintu, menciptakan perasaan seperti ruang duduk dan rasa ruang yang lebih besar.

Pengisi daya smartphone nirkabel juga ada di dasar konsol tengah, sementara sistem surround-sound BOSE® yang kuat juga tersedia untuk memberikan pengalaman audio dalam mobil yang lebih imersif.

Kualitas material ditingkatkan, dengan kabin yang menggabungkan trim metalik, pelapis kulit, dan sentuhan timbul satin. Diterapkan di seluruh interior dan di seluruh dasbor, kabin ini menawarkan tampilan dan nuansa yang lebih canggih.

Kia juga telah menambah ruang kargo Sorento dan legroom, serta terdapat pilihan kursi kapten di baris kedua sehingga pelanggan dapat memilih formasi tempat duduk 4 + 2 atau 5 + 2.

Powertrain
Kia menyediakan opsi mesin yang berbeda di pasar yang berbeda. Di Eropa misalnya, Sorento 2021 akan tersedia dalam varian mesin injeksi langsung 1.6 liter TGDi turbocharged yang dipadukan dengan baterai lithium-ion polymer 1,49 kWh dan motor listrik 44,2 kW. Paket ini memberikan tenaga maksimal 230 ps dan torsi 350 Nm.

Mesin tersebut mengusung teknologi Continuously Variable Valve Duration (CVVD) yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Dan satu lagi dengan mesin diesel Smartstream 2.2 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 202 ps dan torsi 440 Nm. Mesin ini menggunakan balok aluminium sehingga lebih ringan 19,5 kg dari pendahulunya. Kia menyematkan transmisi kopling ganda 8 percepatan (8DCT) pada model ini.

Sementara di AS, Kia menawarkan lebih banyak powertrains pada Sorento 2021, yakni 2.5 liter GDI 4 silinder dan 2.5 liter GDI 4 silinder Turbo, kemudian 1.6 liter GDI dengan motor listrik Turbo Hybrid 44 kW dan 1.6 liter GDI Turbo Plug-in Hybrid. dengan motor listrik 66,9 kW.

Mesin turbo 2.5 liter memiliki tenaga maksimum lebih kecil, 281 hp, tetapi torsi lebih besar, 311 lb.-ft, sedangkan non-turbo memiliki tenaga maksimum 191 hp dengan 182 lb.-ft. torsi.

Sedangkan untuk mesin 1.6 liter yang dibekali motor listrik 44 kW menghasilkan tenaga maksimal 227 hp, dimana 66,9 kW mencapai 261 hp.

Kia menyertakan transmisi kopling ganda 8 kecepatan untuk mesin 2.5 liter, dan transmisi otomatis 6 kecepatan untuk mesin 1.6 liter.

sumber: antara