Jakarta – China kini menjadi salah satu raksasa otomotif di dunia. Cina berdampingan dengan Jepang, Jerman, Prancis, dan Amerika. Cukup unik bagaimana China membangun industri otomotifnya untuk dapat menghasilkan 29 juta mobil dalam satu tahun.

Mengutip Forbes, Selasa (2/5/2019), China awalnya tidak bisa membuat mobil sendiri. Artinya, China tidak bisa mendesain mobilnya sendiri.

Kemudian menjiplak menjadi salah satu cara yang ditempuh Cina. Mobil terlaris di Tirai Bambu disalin oleh produsen mobil Cina.

Tidak hanya desain yang dilacak, beberapa komponen mobil terlaris diambil untuk studi nanti. Alhasil, China kini bisa memproduksi mobil mereknya sendiri.

Otolovers dapat menemukan mobil yang memiliki desain identik dengan Toyota, Mercedes-Benz, Audi, Lamborghini, Ferrari serta berbagai merek lainnya. Namun ketika didekati ternyata mobil-mobil tersebut KW alias palsu.

Desainnya benar-benar mirip, walaupun sedikit membentang sehingga kami tidak menyadari bahwa itu hanya mobil KW. Tak ketinggalan teknologi yang mirip dengan mobil Jepang, Jerman juga disematkan oleh produsen mobil Cina.

Tak ketinggalan, desain serupa dengan teknologi canggih dibungkus dengan harga yang relatif murah. Siapa yang tidak tergoda oleh Otolovers.

Pabrikan otomotif di Cina berjamur, jumlahnya ratusan. Itu tampaknya masuk akal karena populasi Cina adalah miliaran orang. Tentu saja permintaan mobil sedang booming.

China 15 tahun lalu hanya memproduksi tiga juta mobil. Namun akhirnya dalam catatan OICA (Organisasi Internasional Produsen Kendaraan Bermotor), 29 juta mobil lahir di sana. (kering / ddn)