Jakarta – Kendaraan listrik akan menjadi tren masa depan. Bahkan saat ini ada banyak industri manufaktur yang berlomba-lomba membuat kendaraan listrik baik mobil listrik maupun motor yang ramah lingkungan.

Tak pelak, dengan hadirnya tren kendaraan listrik, mesin ICE atau Internal Combustion Engine akan menemui akhirnya. Artinya, industri yang mendukung komponen mesin ICE juga akan mati.

Salah satunya adalah industri pelumas atau minyak. Seperti diketahui, pelumas adalah salah satu komponen yang bergerak cepat di kendaraan mesin ICE. Pelumas memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara komponen di ruang mesin dan transmisi.

Menurut Corporate Depelovment VP PT Pertamina Lubricants Mohamad Zuchri, era kedatangan kendaraan listrik akan membuat industri pelumas mati. Karena pada kendaraan listrik, tidak ada pelumas sama sekali.

"Jadi kendaraan listrik suka atau tidak, itu akan datang. Ya dan akan datang. Nah, untuk industri pelumas, sebenarnya ada kendaraan listrik, maaf, jika mungkin itu disebut akhir dari industri pelumas," Zuchri kata. , di sela-sela acara Seminar Minyak Mesin Pertamina-JAMA 2019, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Menurut Zuchri, kendaraan listrik sama sekali tidak menggunakan pelumas. "Karena tidak ada pelumas di motor listrik, seperti yang kita tahu, jadi teman-teman saya, misalnya, memiliki motor listrik sederhana, misalnya yang digunakan untuk pompa akuarium dan sebagainya, mereka sama sekali tidak menggunakan pelumas," Zuchri kata.

"Jadi kalau mungkin ada, paling banyak, ke arah pelumas dalam bentuk grease. Dan volumenya sangat kecil. Untuk pelumas pada umumnya kira-kira kalau mobil sekarang sekitar 3,8 liter ya," lanjutnya.

Namun, meskipun kendaraan listrik akan menjadi produk massal, permintaan untuk pelumas cenderung tetap. Terutama untuk kendaraan besar.

"Jadi sebenarnya praktis jika EV berjalan, untuk oli mesin bisnis akan selesai. Yang kita tahu adalah EV lebih untuk mesin kecil, untuk mesin besar seperti mesin dan sebagainya, itu tidak & # 39; "Belum dikembangkan," kata Zuchri. (lua / lth)