Jakarta –

Belakangan ini, Indonesia dilanda hujan. Pengemudi diingatkan untuk lebih waspada dalam berkendara. Begitu juga dengan persiapan berkendara, seperti yang diingatkan Auto2000.

Auto2000 dalam rilis resminya mengingatkan kepada seluruh pengendara agar lebih berhati-hati dalam berkendara dan mempersiapkan kendaraan dengan sebaik-baiknya. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib dilakukan pembalap sebelum berkendara di musim hujan.

– Periksa wipernya

Saat musim hujan tiba, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek karet penghapus. Pastikan wiper berfungsi dengan baik, karena bila wiper bermasalah dapat mengganggu jarak pandang pengendara. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta atau mobil lain yang memiliki wiper kaca belakang juga disarankan untuk melakukan pengecekan.

Setelah dilakukan pengecekan karet wiper jangan lupa untuk mengecek air pembersih kaca dan jangan dibiarkan kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

– Pastikan lampu berfungsi dengan baik

Usai pengecekan wiper, detikers juga tidak lupa memperhatikan semua fungsi lampu dan memastikan semua lampu kendaraan menyala. Mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang. Jika lampu mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dapat membahayakan detikers saat berkendara di tengah hujan.

– Kondisi ban harus oke

Potensi kecelakaan sangat besar bila kondisi ban mobil tidak prima. Perhatikan tingkat keausan tapak dengan mengacu pada Indikator Keausan Ban (TWI) pada alur ban mobil.

Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan adanya masalah pada kaki-kaki mobil. Periksa juga tekanan ban agar memenuhi standar. Sementara itu, tidak ada salahnya mengecek sistem kemudi dan suspensi agar mobil bisa berjalan dengan baik di genangan air.

– Periksa rem dan fungsi Air Conditioner

Tak kalah penting, detikers jangan lupa cek remnya. Kondisi jalan licin membuat pengereman mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem bekerja dengan baik dengan cara memeriksa bantalan rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai jumlahnya.

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC juga berfungsi dengan baik dan tetap dingin. Hembusan udara yang tidak dingin akan menyebabkan kaca depan mobil berkabut dan mengganggu jarak pandang.

– Selalu sediakan payung di kabin mobil

Karena jarang dipakai, pasti banyak pengendara yang memilih melepas payung dari mobil. Di musim hujan seperti sekarang, pastikan pengendara selalu membawa payung dan payung agar berfungsi dengan baik. Jangan lupa, siapkan sendal plastik untuk dipakai keluar-masuk mobil seperti saat di SPBU biar gak perlu pake loafers apalagi yang ribet high heels.

Tonton video "BMKG: 64 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / rgr)