Jakarta – Penyapu jalan atau penyapu jalan mobil / truk adalah andalan di kota metropolitan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk Jakarta, Otolovers mungkin telah melewati kendaraan tempur milik Layanan Lingkungan ini? kecepatan lambat memiliki alasan, Anda tahu.

Berbicara dengan detikOto, Superintendent of Operational Night Road Sweeper di Jakarta Selatan, Paiman mengatakan bahwa kecepatan maksimum kendaraan road sweeping hanya 42 km / jam.

Truk penyapu jalan Foto: Rengga Sancaya

"Sebelum menuju ke Dulevo 6000 lokasi pembersihan kecepatan maksimum, itu hanya 42 km, tetapi ketika itu bekerja sangat lambat, kecepatan 15 km / jam bahkan tidak sampai, tergantung pada kondisi jalan," kata Paiman di Lembaga Pembersihan Asrama, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Street sweeper Foto: Ridwan Arifin
Hal yang sama dikatakan oleh operator Dulevo 6000, Fajar Nurrochmat yang telah menjadi pengemudi penyapu jalan selama 4 tahun, dari ceritanya selain keterampilan, kesabaran adalah kunci dalam mengendalikan mobil ini.

"Mobil ini tidak bisa melaju, kami juga memperhatikan jalan-jalan yang bersih atau tidak, jika kami belum mundur lagi, terkadang ada orang yang protes lambat," kata Fajar.

Dia mengatakan kepada saya bahwa dia telah diprotes oleh sopir lain ketika sedang dikutuk. Bahkan ketika memasuki jalur busway, periksa sopir bus.

"Hal tersulit adalah pergi ke jalur busway, kami pernah mencentang kotaknya, tetapi apa yang bisa kami lakukan, dia bekerja, kami juga melaksanakan tugas kami," kata Fajar.

Truk penyapu jalan siap untuk pembersihan aksi Jalan-jalan di Jakarta Foto: Ridwan Arifin

Saat ini penyapu jalan di ibukota memiliki 88 unit berbagai model, mulai dari Dulevo 200, 5000, 6000 dan Hino – Ceksan.

(riar / ddn)