Jakarta –

Dimodifikasi agar tidak menyerupai bentuk aslinya, tetapi tetap nyaman digunakan untuk hari itu. Begitulah hasil perkawinan antara Toyota Agya dan MINI Cooper klasik, yang dikerjakan oleh sebuah bengkel di Kedoya, Jakarta Barat, yaitu Cornerstone (CS) Body Works.

Penggawa CS Body Works, Budiman mengatakan workshop ini digunakan untuk menangani perbaikan MINI klasik. Kebetulan, pemilik Agya ingin memperbaiki mobil ke garasinya, dan tergoda untuk membuat mobil yang identik dengan film Mr.Bean.

"Awalnya dia datang ke bengkel kami, dia ingin memperbaiki Agya. Kebetulan ketika dia datang ke bengkel, dia terlihat bekerja di banyak Mini Klasik, lalu dia menantang kita, bisakah Agya menikah dengan MINI," Kata Budiman saat dihubungi oleh detikOto.

Hingga akhirnya, mobil Toyota Agya 2014 disiagakan menggunakan tubuh Mini Mk3 1976.

Toyota Agya menjelma menjadi Mini Cooper Foto klasik: Cornerstone Body Works

"Saya bilang kenapa tidak, akhirnya rasanya seperti di IG (Instagram)," katanya.

[Gambas:Instagram]

Budiman menambahkan, Agya adalah proyek lama yang proses prosesnya sendiri memakan waktu 4 bulan. Namun bagi konsumen yang berminat untuk saat ini, perlu bersabar antara 6 hingga 8 bulan tergantung antrian di bengkel.

Meski terlihat seperti MINI klasik, Budiman menambahkan bahwa mobil ini masih nyaman dipakai setiap hari. Oh ya, di dalam kabin sampai mesin graft masih menggunakan Agya.

Toyota Agya menjelma menjadi Mini Cooper Foto klasik: Cornerstone Body Works

"Tubuh yang kami gunakan adalah asli (Mk 3), sama seperti mengubah kasing," katanya.

"Yang asli dari Agya, interiornya seperti bangku, tampilan dashboard, transmisi, mesin, dan kaki," jelas Budiman.

Satu hal yang dia jamin adalah kenyamanan dan mengemudi tidak akan berkurang. Karena tidak banyak penyesuaian yang dilakukan.

"Paling tidak sasis telah diubah sedikit, karena volume dimensi Agya harus dikonversi ke MINI," katanya.

"Untuk lebar (Agya), kita tidak bisa mengubahnya, jadi kita menutupinya dengan kecantikan over-the-fender," jelasnya.

Lalu berapa biaya untuk membangun mobil Agya seperti Mini Classic ini? "Plus minus (total biaya modifikasi) 2 hingga 3 mobil Agya bekas," tutup Budiman.

Lihat videonya "Ronny Nopirman, Pembuat Mobil Mewah Replika dari Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lth)