Tangerang – Saat ini mobil merupakan salah satu kebutuhan bagi sejumlah orang yang menginginkan transportasi dan kenyamanan pribadi. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki penghasilan tetap dan memiliki keluarga, membeli mobil masuk ke daftar keinginan.

Namun harga mobil yang relatif mahal membutuhkan perhitungan yang tepat agar tidak mengganggu kondisi keuangan keluarga. Apalagi jika mobil dibeli secara kredit.

"Membeli mobil untuk usia yang relatif muda perlu memperhatikan berapa banyak yang ia hasilkan dan apa yang dilakukannya. Biasanya semakin tinggi posisinya, semakin tinggi rasanya," kata Kepala Cabang BSD City Auto2000 Vicky Fernando ketika bertemu di Tahun Baru Toyota. Freshtival di Astra Biz Center, Tangerang Selatan (19/1/2019).

Setelah mengetahui kemampuan finansial, membeli mobil juga perlu memperhatikan kebutuhan. "Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jika Anda lajang Anda dapat menggunakan mobil kecil seperti LCGC atau Hatchback untuk mereka yang berpenghasilan lebih banyak. Mobil itu juga masih cukup untuk keluarga kecil dengan satu atau dua anak," jelas Vicky.

Sedangkan bagi mereka yang tinggal dengan keluarga besar, memilih mobil dengan kapasitas penumpang yang lebih besar harus dianggap sebagai mobil tipe MPV. "Untuk banyak anggota keluarga, pilihlah mobil 7 tempat duduk yang dapat mengangkut orang tua dan saudara kandung," lanjut Vicky.

Selain itu, kata Vicky saat membeli mobil, perlu juga diketahui apakah mobil itu akan sering digunakan atau tidak, dan kondisi jalan yang akan dilalui. "Bahkan ketika membeli mobil, Anda harus tahu apakah itu akan digunakan untuk kendaraan sehari-hari atau untuk hobi dan juga disesuaikan lagi dengan kondisi jalan yang dilalui," pungkas Vicky. (rip / rgr)