Jakarta –

Sekitar tiga tahun yang lalu, industri otomotif Indonesia memiliki mobil baru. Pada awal kemunculannya, merek ini melakukan terobosan dengan menawarkan opsi Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan harga yang terjangkau tetapi dipenuhi dengan fitur-fitur hebat.

Ya, merek itu adalah Wuling Motors. Sebuah merek Cina yang merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW). Perusahaan otomotif mencetak 2,15 juta kendaraan pada tahun 2017 dan menduduki posisi nomor satu dalam hal volume penjualan untuk satu perusahaan otomotif selama 12 tahun di Cina.

Di awal kemunculannya, nama Wuling Motors terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Tapi, perlahan-lahan nama Wuling semakin akrab di benak masyarakat negeri itu, bahkan dengan produk mobil yang banyak diminati karena sejumlah keunggulan.

Wuling Motors Travel di Indonesia

Sebelum merilis produk mobil pada tahun 2017, Wuling Motors telah menginjakkan kaki di Indonesia pada tahun 2015. Pada tahun itu, Wuling Motors membuat upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik terintegrasi di area 60 hektar di wilayah Cikarang, Jawa Barat . Nantinya, pabrik akan mampu memproduksi 120 ribu unit kendaraan per tahun dan menyerap 3.000 pekerjaan.

Setahun yang lalu, Wuling menunjukkan eksistensinya di ranah otomotif negara ini dengan ikut serta dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Pada 2017, Wuling meresmikan pabrik di Cikarang disaksikan langsung oleh Jusuf Kalla yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden, dan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian pada saat itu.

Setelah meresmikan pabrik, Wuling segera merilis produk pertamanya. Ya, sebagaimana disebutkan di atas, produknya adalah Wuling Confero.

Nama Confero berarti "kebersamaan". Nama itu diambil untuk menyesuaikan budaya kebersamaan masyarakat Indonesia.

Wuling Confero juga memiliki varian Confero S. Label "S" berarti olahraga, yang Wuling menyediakan pilihan mobil yang fungsional dan nyaman untuk keluarga tetapi masih memiliki aura sporty.

Confero S diklaim cocok untuk menemani perjalanan keluarga di Indonesia. Baik bentuk, mesin, ukuran, fitur, dan kenyamanan telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Harganya di bawah rata-rata MPV Rendah yang ditawarkan di negara ini. Dengan harga di bawah para pesaing, fitur keselamatan dan keamanan yang melekat pada mobil ini setara, bahkan lebih dari mobil lain di kelasnya.

Fungsionalitas dan beragam fitur modern membuat Confero S mendapatkan penghargaan kategori MPV Kecil di berbagai acara pemberian penghargaan yang diselenggarakan oleh media otomotif nasional.

Foto: Dok. Wuling

Pada tahun yang sama dengan peluncuran produk mobil pertama, Wuling membuka 50 dealer di seluruh Indonesia. Semua dealer ini sudah beroperasi untuk melayani mobil Wuling. Juga di tahun 2017, Wuling melonjak secara langsung sebagai 10 merek mobil terlaris di Indonesia dalam hal penjualan.

Momen kelahiran Cortez dan Almaz

Berlanjut pada 2018, Wuling meningkatkan amunisinya di segmen MPV. Setelah memasuki segmen LMPV melalui Confero, giliran Cortez dihadirkan untuk bersaing di MPV tingkat menengah, melawan sejumlah pesaing.

Penerimaan publik di hadapan mobil ini positif. Desain modern diseimbangkan dengan semua fitur dari kelas menengah ke atas dengan kisaran harga lebih rendah dari pesaing, membuat Wuling Cortez menarik bagi konsumen mobil Indonesia. Tak ayal, mobil ini juga memenangkan berbagai penghargaan di penghargaan bergengsi.

Masih pada 2018, Wuling menawarkan produk di kelas kendaraan komersial ringan, Wuling Formo. Mobil ini dipersiapkan untuk kebutuhan komersial, dengan kabin yang luas dan performa mesin yang mumpuni.

Setahun kemudian, Wuling akhirnya memasarkan SUV pertamanya di Indonesia, Wuling Almaz. Varian baru ini telah menjadi idola baru bagi penggemar SUV, berkat fitur multimedia canggih, salah satu fitur unggulannya adalah Wuling Indonesian Command untuk menjalankan multimedia melalui perintah suara. Almaz memiliki desain agresif dan kabin luas. Mobil ini juga memenangkan berbagai penghargaan.

Hingga memasuki 2020 dan menginjak 1.000 hari akting, Wuling terus memberikan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia dengan memberikan layanan purna jual melalui 115 jaringan dealer di negara ini, serta layanan online pada aplikasi My Wuling + untuk kepuasan pelanggan.

(adv / adv)