Kuala Lumpur – Pemerintah Malaysia memiliki terobosan baru dalam hal menjamin keamanan pengendara. Helm sepeda motor di negara tetangga harus dilengkapi dengan Kode QR untuk memastikan standar keamanan.

Helm yang dijual mulai tahun 2019 harus memiliki Kode QR. Penggunaan Kode QR akan memastikan bahwa helm itu asli dan memenuhi standar keamanan Malaysia.

"Dengan menggunakan aplikasi SIRIM QAS yang dapat diunduh melalui App Store dan Google Play, pengguna dapat mengetahui apakah helm memenuhi standar," kata SIRIM QAS Managing Director, badan standardisasi Malaysia, Mohd Azanuddin Salleh, dikutip oleh Bernama.

Tidak hanya QR Code, helm ditempelkan dengan stiker yang berisi fitur keamanan lain seperti pencetakan sensitif UV dan teks mikro. Fitur keamanan lainnya termasuk pola Guillouche untuk mencegah pemalsuan dan penggunaan bahan cetak berkualitas tinggi.

"Siapa pun yang mengimpor helm sepeda motor ke Malaysia, baik untuk koleksi atau penjualan, harus memastikan bahwa helm memenuhi persyaratan yang relevan," kata Direktur Jenderal Departemen Transportasi Jalan Malaysia, Datuk Seri Shaharuddin. (rgr / lth)