Jakarta –

Pemerintah telah melarang komunitas mudik Lebaran tahun ini di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Polisi melakukan isolasi terhadap homecomers yang bertekad untuk kembali ke rumah.

Pada titik tertentu, pos mudik telah diatur. Mereka yang putus asa untuk kembali ke rumah akan diminta untuk kembali dan tidak melanjutkan perjalanan ke kota asal mereka.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Konteks Pencegahan Penyebaran COVID-19, ada beberapa kendaraan yang dilarang melewati pos isolasi. . Di antaranya adalah kendaraan bermotor umum dengan mobil bus dan penumpang serta kendaraan bermotor individu dengan mobil penumpang, mobil bus, dan sepeda motor.

Jika kendaraan berniat untuk kembali ke pos pemantauan pasti akan diminta untuk berbalik oleh petugas. Namun, ada kekhawatiran bahwa penumpang bersembunyi di belakang truk logistik yang memang kendaraan mungkin lewat. Karena alasan ini, polisi bahkan memeriksa muatan truk.

"Dir maka PMJ (Polda Metro Jaya) KBP Sambodo Purnomo Yogo, SIK, MTCP. Cek truk yang melewati pos pemeriksaan tol Cikarang Barat, guna mengantisipasi keberadaan penumpang gelap di dalam muatan truk," tulis akun Twitter @ TMCPolraMetro.