Jakarta – PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja membuka dealer dengan nilai investasi Rp8,5 miliar di area perkantoran, tepatnya di Wisma Keiai, Jl. Jend Sudirman Kav 3-4, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Dealer itu memang sedikit berbeda, Mitsubishi mengatakan itu dijual atas kerjasama dengan Nusantara Berlian Motor tidak hanya menargetkan segmen karyawan tetapi juga perusahaan di sekitar area dealer.

"Outlet ini sedikit berbeda. Kami mulai menargetkan kota-kota besar atau wilayah metropolitan. Di beberapa daerah diperlukan flagship. Konsepnya adalah city store besar. Itu sebabnya di Sudirman," kata Kepala Departemen Pengembangan Dealer Setia Hariadi.

"Kami juga memiliki arahan untuk berbelanja di mal-mal premium. Tetapi kendalanya adalah daftar witing itu solid, mungkin pada tahun 2025," tambah Hariadi.

Menurut Direktur Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI, Irwan Kuncoro, wilayah tersebut memang merupakan salah satu pilihan Mitsubishi karena memiliki potensi pasar dan posisi citra merek Mitsubishi. Kendaraan target sendiri mencapai 50 hingga 70 unit per bulan, baik dari kendaraan penumpang dan perdagangan ringan.

"Intinya, tidak hanya toko ritel, tetapi juga toko branding. Penekanan pada toko branding berbeda dari yang konvensional, apakah itu layak secara bisnis," kata Irwan.

"Potensi pasar dari perusahaan ke pemerintah besar. Banyak kantor pusat di Jl. Sudirman sehingga segmen komersial ringan (Kendaraan Komersial Rendah) juga akan dilirik. Dari sisi ritel itu juga menarik bagi karyawan," kata Irwan.

"Tujuan branding dapat dikatakan sebagai tujuan utama, sehingga konsepnya berbeda dengan dealer, apakah layak dalam bisnis, terutama jika investasinya tinggi," kata Irwan.

Perlu dicatat, dealer hanya melayani penjualan, konsumen yang ingin servis kendaraan akan diarahkan ke dealer terdekat, yaitu Mitsubishi Suryapranoto. Lebih lanjut, Irwan menjelaskan bahwa pencitraan merek sebagai dealer utama lebih disukai.

"Tujuan branding adalah tujuan utama, sehingga konsepnya sedikit berbeda, harus dilihat aspek kenyamanan, kenyamanan, hiburan, sehingga interaksi dengan konsumen harus ditekankan," katanya.

Dealer ini menjadi dealer 124 Mitsubishi di seluruh Indonesia atau dealer ketujuh dari kolaborasi antara MMKSI dan PT Nusantara Berlian Motor. Mitsubishi menargetkan total 143 dealer yang akan dicapai pada Maret 2019. (riar / ddn)