Jakarta – Indonesia semakin yakin untuk mengadakan balapan MotoGP dan WSBK di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 2021 mendatang. Angin segar datang setelah promotor, Dorna, mengumumkannya secara resmi di situs motogp.com, kemarin (02/2) 23/2019).

"Ini akan menjadi rencana yang unik. Ini memiliki sirkuit perkotaan dan kelas dunia di negara ini dengan penggemar MotoGP yang besar," jelas CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Berita baik ini segera mendapat respons positif dari Agen Pemegang Merek Sepeda Motor di Indonesia. Bos BMW Motorrad Indonesia, misalnya, sangat antusias dengan rencana besar ini.

"Luar biasa. Karena Anda pernah mendengar sebelumnya bahwa Jawa Barat sedang merencanakan, tetapi tampaknya disalip oleh provinsi lain," kata CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, kepada detikOto, Minggu (24/2). / 2019).

Joe juga berharap bahwa dengan hadirnya sirkuit tingkat internasional di Lombok, ia dapat meningkatkan status bangsa Indonesia di mata dunia.

"Semoga dengan sirkuit standar internasional ini, dapat membuat Indonesia lebih lengkap. Ini memiliki dampak yang sangat positif bagi negara, baik untuk meningkatkan pariwisata, menelurkan atlet sepeda motor, dan membawa martabat negara ke tingkat yang lebih tinggi," Joe melanjutkan.

Global BMW Motorrad sendiri belum berpartisipasi dalam ajang MotoGP. Namun mulai tahun ini, pabrikan Jerman tersebut memiliki perwakilan di ajang World Super Bike. BMW Motorrad diwakili oleh tim Shaun Muir Racing (SMR), dengan pembalap Tom Sykes dan Markus Reiterberger.

Sekilas tentang Sirkuit Mandalika, lintasan balap ini akan mengadopsi konsep sirkuit jalan raya seperti seri Formula 1 di GP Monako dan GP Singapura. Sirkuit ini akan memiliki panjang lintasan 4,32 km dengan 18 tikungan.

Selain menggelar MotoGP, Sirkuit Mandalika juga diproyeksikan akan bisa menggelar acara WSBK. "Juga dengan memasukkan Lombok ke kalender WorldSBK, menjadikan penawaran ini lebih menarik bagi penggemar lokal yang akan memiliki dua acara kelas dunia di area yang sama," tambah Ezpeleta. (lua / kering)