Jakarta –

Di beberapa pusat perbelanjaan terdapat tempat parkir khusus sepeda motor besar (moge). Biasanya tempat parkir motor berada di dekat lobby mall, sedangkan tempat parkir motor lainnya berada di basement atau di lokasi terpisah.

Tempat parkir khusus sepeda motor biasanya tidak full parkir sepeda motor di basement atau tempat parkir motor umum. Kenapa parkiran moge berbeda di mall?

Ketua Umum Asosiasi Parkir Indonesia (IPA) Rio Octaviano mengatakan mengenai parkir khusus seperti parkir sepeda motor merupakan kebijakan masing-masing pengelola properti seperti mall. Tidak ada aturan atau ketentuan khusus yang mewajibkan mall untuk menyediakan tempat parkir khusus bagi moge.

Terkait parkir khusus, termasuk parkir wanita, parkir sepeda, dan parkir motor. Parkir moge, parkir wanita, sebenarnya tidak sesuai aturan (aturan parkir). Moge, atau supercar atau apa yang tidak, ”kata Rio kepada detikcom.

Rio mengatakan, adanya tempat parkir khusus sepeda motor menimbulkan pertanyaan mengapa Anda mendapat tempat khusus di dekat lobi mal. Menurut Rio, hal itu merupakan strategi brand image dari properti itu sendiri.

“Mungkin salah satu strateginya untuk menarik klien / pengunjung. Kenapa moge berspesialisasi? Ini sebenarnya kembali ke karakter kebanyakan pengguna motor. Bukan tentang dia harus bayar, bukan tentang dia tidak mau bayar, tapi biasanya gimana dia kebanggaan. Ujung-ujungnya sama. property, entah mal, gedung perkantoran, akhirnya disediakan tempat parkir khusus, "kata Rio.

“Jadi tempat parkir sebenarnya disediakan oleh properti yang notabene untuk strategi pemasaran bagaimana memaksimalkan / mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya,” sambungnya.

Menurut Rio, dengan lahan parkir yang luas di dekat lobby mall juga terlihat lebih bagus dari segi estetika.

“Bisa juga dibayangkan kalau dilihat dari segi estetika, mungkin mall melihat motor ini diletakkan di depannya, bisa jadi pajangan, jadi keren, orang-orang ada banget dan sebagainya,” ujarnya.

“Itu supaya orang bisa datang, karena biasanya masyarakat datang. Dan itu bisa menaikkan level, lebih ke arah brand image,” kata Rio.

Tonton video "Kreasi Unik Jepara, Moge dari Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)