Jakarta –

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan alasan mengapa ia sering jatuh dari Honda RC213V. Baby Aliens mengklaim tunggangannya sulit dimengerti.

"Saya sudah berkali-kali mengatakan, ini adalah motor yang cukup sulit dimengerti, mencari di mana batasnya," kata Marquez seperti dikutip Crash, Sabtu (18/7/2020).

"Itu juga yang saya katakan tahun lalu. Ketika Jorge (Lorenzo) mulai mengeluh, motor ini hanya bisa dipahami ketika Anda tahu batasnya, (maka) Anda harus sering jatuh," sambungnya.

Baru-baru ini, Marquez bersama adik laki-lakinya, Alex Marquez, juga jatuh dalam sesi latihan bebas kedua MotoGP Spanyol. Meskipun mengalami kecelakaan, Marquez berada di urutan keempat.

"Berapa kali aku jatuh di Honda? Aku terus menggunakan gaya balapku. Aku mencoba memahami sepeda motor dan menemukan batasannya, juga di arena pacuan kuda." kata Marquez.

Jatuh berulang kali tidak membuat Marquez menyerah untuk menggerakkan motor hingga batas maksimal. Bahkan di musim 2018, Marquez menjadi pembalap MotoGP yang sering jatuh 23 kali sepanjang musim.

Menyelidiki kalibrasi, dalam sesi pelatihan gratis di MotoGP Spanyol kali ini, Marquez dan timnya mengalami kesulitan pengaturan ban belakang baru dari Michelin.

"Biasanya cengkeraman ban belakang Yamaha atau Suzuki lebih baik. Sekarang kami mencoba mengaturnya," katanya.

"Kecelakaan itu agak aneh, karena saya tidak mendorong sepenuhnya sepeda motor. Jika Anda melihat bagian depan sedikit melompat, maka saya kehilangan cengkeraman ban,"

"Untungnya saya bisa melanjutkan lagi, karena itu kecelakaan (dalam kecepatan) lambat," jelasnya.

====

Balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez akan berlangsung pada Minggu (19/7) mulai pukul 19.00 WIB. Mulai akhir pekan ini tonton langsung streaming MotoGP di detikOto.

Lihat videonya "Marc Marquez Betah di Honda, Jangan Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)