Jakarta –

Seringkali kita melihat motor MotoGP didorong pertama kali untuk dapat menghidupkan mesin. Kenapa repot-repot mendorong? Mengapa tidak menggunakan starter listrik saja?

Tidak adanya starter listrik internal pada motor MotoGP sering merepotkan. Lihat saja apakah Valentino Rossi atau Marc Marquez jatuh di tengah balapan. Setelah berjuang untuk membangun kembali sepeda motor yang berat, mereka harus meminta bantuan dari pelayan untuk mendorong perjalanan.

Meski begitu, tidak selalu secara langsung berhasil menyalakan mesin Kadang-kadang perlu beberapa dorongan sebelum mesin bisa mengaum lagi dan mereka terus balapan.

Lalu, mengapa sepeda motor MotoGP tidak menggunakan starter listrik atau kick starter?

Alasan utamanya adalah mengurangi berat badan. Semakin ringan motor, masing-masing tim dapat memaksimalkan komposisi rasio bobot dan tenaga. Selain itu, sepeda motor yang ringan juga lebih menguntungkan saat pengereman, karena berat adalah faktor momentum.

Sekarang detikers mungkin mulai berpikir: berapa berat komponen starter listrik?

Mari kita asumsikan memasang starter listrik Yamaha R1 pada sepeda motor MotoGP. Berat komponen starter listrik Yamaha R1 adalah sekitar 2,26 kg. Itu belum semuanya karena masih membutuhkan casing ekstra pada engine dan gear.

Jika ditotal, beratnya bisa mencapai 3,17 kg. Namun ada satu hal lagi yang dilupakan. Benar … baterai atau baterai. Itu saja bisa menambah bobot hingga 3,5 kg. Sementara itu, jika Anda menggunakan baterai lithium ion, bobotnya masih bertambah 0,6 kg.

Nah, itu artinya penambahan komponen starter elektrik bisa membuat bobot motor hingga 4 kg. Itu angka yang besar jika Anda menghitung 0,1 detik dalam waktu yang berharga dan menentukan pemenang dan pecundang.

Bagaimana MotoGP Motor dihidupkan?

Seperti disebutkan di atas, salah satunya didorong. Saat masih di paddock, pengendara akan mendapatkan bantuan dari krunya untuk mengendarai sepeda motor.

Ketika motor berakselerasi karena dorongan, pembalap akan masuk ke gigi pertama dan menekan kopling. Setelah itu tuas kopling dilepas hingga mesin hidup.

Cara kedua adalah menggunakan roller starter. Roda belakang motor dinaikkan ke atas roller starter dengan gigi dan kopling ditekan. Ketika rol starter memulai dan menggerakkan roda belakang, kopling dibuka sehingga mesin hidup.

Beberapa juga menggunakan starter crankshaft, yang dipelopori oleh Ducati. Ini adalah cara paling sederhana karena mesin hanya perlu dipasang pada poros engkol sepeda motor MotoGP dan mesin akan mulai. Seperti dikutip dari Twomotion.

=====

Mulai akhir pekan ini detikOto akan menyiarkan streaming langsung MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez. Tonton pada hari Minggu (19/7) pukul 19.00 WIB

Lihat video "MotoGP 2020 Dipercaya Mulai di Spanyol pada Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rgr)