Jakarta –

Yamaha kembali meningkatkan fitur keamanan dalam skuter model Maxi, Nmax. Sebelumnya, fitur keamanan Nmax hanya ABS (Anti-lock Braking System), pada model Nmax baru, terutama tipe ABS Terhubung, ia telah menerima fitur Sistem Kontrol Traksi (TCS). Di segmen skuter, fitur TCS sebelumnya hanya ada di model Tmax dan Xmax. Sekarang fitur ini sudah ada pada sepeda motor otomatis dengan mesin yang lebih kecil. Dan dipanggil untuk menjadi yang pertama kalinya di kelas mesin 155 cc.

"Mesinnya oke, bingkainya oke, tapi kami juga memikirkan bagaimana pengemudi atau konsumen bisa mengendarai lebih aman. Jadi kami melengkapinya dengan Traction Control. Ini pertama kalinya di kelas 155 cc," kata PT Layanan Pendidikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Ridwan Arifin, di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta, baru-baru ini.

Bagi mereka yang tidak tahu, kontrol traksi adalah fitur keselamatan yang mencegah ban kehilangan traksi saat berada di jalan yang licin. Sebagian besar pengendara ketika sepeda motor telah kehilangan cengkeramannya pada ban, akan panik dan membuka gas tanpa kendali.

"Misalnya ketika ada perbedaan rotasi roda depan dan belakang saat traveling touring, biasanya ketika orang yang panik akan langsung mengarahkan, bukannya menurunkan kecepatan. Saat digas gas, ban belakang biasanya berputar lebih cepat, sehingga risiko jatuh motor bisa terjadi, "kata Ridwan.

"Fitur ini akan membuat pengemudi aman ketika mengalami risiko kehilangan traksi saat menghadapi jalan licin atau melewati jalan berpasir dan berlumpur," lanjutnya.

Untuk cara kerja sistem kontrol traksi adalah mengurangi kecepatan engine ketika ada perbedaan rotasi roda depan dengan roda belakang. Prosesnya, sensor kecepatan akan membaca perbedaan rotasi kedua roda dan memberikan input ke ECU (Electronic Control Unit), kemudian ECU akan mengurangi kecepatan mesin dengan membalik waktu pengapian atau penundaan pengapian, dan juga bisa mengurangi pasokan bensin melalui injektor.

"Dengan Sistem Kontrol Traksi, ketika pengemudi mengalami kepanikan saat membuka throttle, mesin secara otomatis melalui ECU akan mengurangi kecepatan mesin. Karena kecepatan mesin berkurang sehingga roda belakang juga turun dalam kecepatan. Inilah yang membuat Traksi Kontrol sangat cocok untuk digunakan di Nmax, "jelas Ridwan.

Fitur Kontrol Traksi akan aktif secara default di Yamaha Nmax. Tetapi fitur ini juga dapat dinonaktifkan melalui panel sakelar di stang kiri. "Caranya adalah memilih menu TCS pada speedometer, lalu tekan tombol pilih selama 3 detik hingga teks TCS Off muncul," pungkasnya.

Lihat videonya "Lebih Agresif! Inilah Tampilan Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)