Fitur keamanan modern sekarang menjadi perlengkapan standar dari SUV terbaru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir pasar kendaraan penumpang Sport Utility Vehicle (SUV) berkembang pesat. Sejumlah pabrikan terus menggenjot produksi SUV andalannya untuk kelas premium ke bawah.

Sosok SUV saat ini, tidak hanya menyematkan kemampuan untuk menyeberang jalan yang kurang ramah, tetapi juga sejumlah fasilitas modern canggih untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Ini tidak terlepas dari perkembangan kebutuhan pasar, terutama pengguna SUV yang kini sangat dibutuhkan oleh keluarga di perkotaan yang gemar bepergian ke luar kota.

Berbicara tentang keselamatan, sejumlah pabrikan otomotif di negara ini juga telah menanamkan sejumlah fasilitas keselamatan modern dalam produk mereka. Salah satunya yang menjadi pilihan pecinta SUV di Tanah Air adalah Mitsubishi Eclipse Cross.

Kendaraan yang ditenagai oleh 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4 (empat) silinder memiliki fitur keselamatan canggih untuk memberikan rasa aman saat berkendara. Seperti fitur 7 SRS Airbag yang terdiri dari airbag depan, airbag samping, airbag gorden, dan airbag lutut untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan.

"Mitsubishi Eclipse Cross memiliki teknologi canggih, dan dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yang mengoptimalkan pengalaman berkendara," kata Guntur Harling Group Kepala Divisi Strategi Produk PT MMKSI dalam pernyataan tertulis Selasa (16/6).

Untuk mencegah tabrakan, kendaraan yang dipasarkan Juli 2019 lalu juga dilengkapi dengan Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah tabrakan ketika ada benda di depan mobil yang berhenti tiba-tiba. Serta mampu mendeteksi kendaraan lain dan pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Fitur Active Yaw Control (AYC) juga merupakan faktor penting yang akan mengoptimalkan kekuatan rem. Sehingga mobil tetap terkontrol meski kondisi jalannya licin dan basah. Keamanan juga dapat dimaksimalkan ketika kondisi jalan yang licin dengan fitur Stabilitas Aktif dan Kontrol Traksi (ASTC) yang secara otomatis mengontrol kecepatan mobil saat bermanuver sehingga tidak mudah tergelincir.