Majalengka – Tirta (46), seorang petani dari Majalengka, Jawa Barat, membuat keributan. Suami dari Mimin (42) membeli mobil TRD Toyota Rush menggunakan uang receh.

Tirta dikenal sebagai orang yang rajin menabung dan gigih. Sejak muda, Tirta memiliki prinsip, menabung, dan ulet. Sebelum memulai bertani, ketika remaja Tirta bekerja di sebuah pabrik sweter di Bandung pada tahun 1989.

Setelah bekerja sebagai buruh, sekitar 1990 Tirta memilih bertani. Tirta juga membeli traktor seharga Rp 3 juta pada tahun 1994. Traktor itu digunakan oleh Tirta untuk mencari penghasilan, selain bertani.

"Dulu kemenangan mendapatkan plot untuk membajak ladang orang. Karena traktor masih agak tua. Saya bisa bekerja lebih dari 15 hektar menjelang musim tanam," kata Tirta ketika ditemui oleh AFP di tempat kerjanya. di Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Sebagai hasil dari kegigihannya, Tirta juga mengembangkan bisnis pertaniannya dengan menyewa sejumlah sawah. Saat ini, area sawah yang diolah oleh Tirta sekitar 11.000 meter.

"7.000 meter disewa, sisanya milik pribadi," katanya.

Puncak pada 2012, Tirta berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk pergi ke tanah suci. Rencananya adalah untuk Tirta dan Mimin berangkat haji pada tahun 2021.

"Setelah mendaftar untuk haji, saya mulai menabung menggunakan koin," kata ayah dua anak ini.

Perubahan yang dikumpulkan Tirta direncanakan akan digunakan untuk tradisi Saweran selama keberangkatan haji. Di tengah perjalanannya, Tirta tertarik dengan Toyota Rush. Apalagi, aktivitas Tirta saat ini sering bolak-balik di Jakarta.

"Sekarang saya punya kepercayaan dari atasan saya. Saya menjaga perumahan di sini. Saya sering bolak-balik di Jakarta, jika menyewa mobil itu mahal," katanya.

Uang yang telah disetorkan digunakan untuk membeli Toyota Rush. Termasuk koin senilai Rp. 40 juta yang dia kumpulkan selama tujuh tahun.

"Alhamdulillah, kata daeler itu, dia bisa menggunakan uang kembalian. Rencananya mobilnya dikirim pada 6 Februari," katanya.

Petani Tirta yang membeli Toyota Rush dengan uang receh Foto: Sudirman Wamad

Mobil Tirta baru berharga Rp. 261.850.000. Dari total itu, sekitar Rp. 40 juta dibayar menggunakan koin sebesar Rp. 500 dan Rp. 1.000. Sisanya menggunakan uang kertas. Uniknya, Tirta dan Mimin membawa perubahan itu ke dealer Toyota Auto 2000 Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Jumat (25/1/2019).

Konsultan Penjualan Auto 2000 Jatiwangi-Majalengka, Beni Sinambung mengatakan bahwa deposit milik Tirta telah disetor ke bank pada hari Senin.

"Saat ini bank sedang menghitung jumlah koin yang disimpan oleh Pak Tirta. Jumlahnya sekitar Rp 40 juta, untuk sisanya Rp 221.850,00 dibayarkan dengan menggunakan uang tunai," kata Beni ketika ditemui oleh AFP di kantornya di Selasa (29/1/2019). (lth / lth)