Jakarta – Cobalah perhatikan transmisi kendaraan Anda detikers, terutama mobil Eropa. Sulit untuk melihat siapa yang membuatnya, tetapi apakah Anda tahu 70 persen kendaraan premium menggunakan transmisi yang dibuat oleh ZF, dari Jerman?

Ya, transmisi ZF adalah transmisi yang sangat canggih, digunakan di berbagai mobil mewah baik Eropa dan Jepang. Jika detikers baru mungkin memiliki transmisi 5-6 kecepatan, ZF sudah memiliki transmisi otomatis 9 kecepatan. Bahkan transmisinya juga digunakan untuk bus yang biasa digunakan oleh Transjakarta.

"70 persen bus premium sudah menggunakan transmisi ZF, seperti Mercedes-Benz, Scania, Volvo, MAN. Sementara mobil premium sekitar 75 persen," kata Managing Director PT ZFAG Aftermarket Jakarta Donny Septianto Kurniawan dalam sebuah percakapan dengan detikcom di ZF stan di pameran Busworld, Jumat (22/3/2019).

Direktur Utama PT ZFAG Aftermarket Jakarta Donny Septianto Kurniawan Foto: Istimewa

"Selain gearbox kami juga merupakan pemasok utama as," kata pria lulusan Teknik Mesin Universitas Pancasila ini.

Pria yang baru saja ditunjuk untuk memimpin operasi ZF di Indonesia mengatakan bahwa ZF sudah ada di Indonesia sejak 17 tahun yang lalu. Hanya saja ZF baru secara resmi membuka kehadiran mereka 1,5 tahun yang lalu dan menjadi badan hukum lokal dengan nama PT ZFAG Aftermarket Jakarta atau juga disebut ZF Indonesia.

"Jadi selama lebih dari 1,5 tahun, ZF di Indonesia bukan lagi kantor perwakilan ZF Asia Pasifik, tetapi sebagai Kantor Pimpinan," katanya.

ZF tidak hanya dikenal sebagai perusahaan pembuat transmisi tetapi juga komponen kendaraan seperti rem, kopling, peredam kejut, dan alarm kendaraan. ZF juga memiliki merek komponen kendaraan seperti Sachs, TRW, Boge, Lemforder, Boge dan Openmatics.

"Kami awalnya fokus pada kendaraan Eropa dan kendaraan komersial. Namun seiring perkembangan zaman dan pasar yang semakin kompetitif kami ingin bekerja di pasar menengah. Kami telah dikenal di pasar premium, tetapi kami telah mencoba memasuki media selama beberapa dekade di mobil Asia. Kami telah mendirikan 5 pabrik ZF di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Cina, dan India Dengan membangun pabrik di Asia, intinya kami telah diterima, untuk wilayah ASEAN kami memiliki pabrik perakitan di Malaysia dan Thailand, sementara di Indonesia kami masih fokus sebagai unit negara sebagai operasi penjualan. kami adalah perpanjangan dari ZF AG di Jerman, dan langsung dipantau dari Jerman, "jelasnya panjang lebar.

Untuk pasar Indonesia, untuk memfasilitasi distribusi komponen, ZF memiliki gudang lokal di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. ZF juga memiliki kantor cabang di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Kami juga akan fokus pada daerah lain, seperti Sumatra, Sulawesi, dan Indonesia bagian timur, itulah strategi kami untuk tahun-tahun mendatang," katanya.

(ddn / lth)