Ford GT40 menjadi pahlawan bagi Ford di acara Le Mans tahun 1966.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT – Di pasar supercar, Ford menunjukkan taringnya lewat produk Ford GT. Produk ini merupakan penerus Ford GT40 yang sempat menjadi jagoan Ford di ajang Le Mans tahun 1966.

Dilansir dari Car and Driver, Selasa (18/8), Ford juga ingin membawa nostalgia tentang kemenangan di Le Mans. Nostalgia itu dihadirkan melalui Ford GT 2021 Heritage Edition.

Agar nostalgia terasa kental, produk edisi khusus ini hadir dengan grafis yang mirip dengan mobil Ford GT40 yang digunakan di balapan Le Mans 1966.

Artinya, Ford GT Heritage Edition dibalut dengan warna frozen white dan kap serat karbon lengkap dengan nomor start 98. Mobil ini juga dihiasi grafis balap merah asimetris di sekujur bodinya.

Aura nostalgia semakin kental berkat penggunaan velg heritage gold 20 inci berhias kaliper Brembo.

Selain eksterior, sejumlah instrumen khusus bertebaran di kabin. Pasalnya, beberapa bagian mobil ini dibalut dengan bahan suede alcantara hitam.

Untuk mengimbangi dominasi warna hitam, interior mobil ini juga hadir dengan paddle shifter berwarna merah dan jok performa alcantara suede merah. Dengan segala nuansa tersebut, Ford sepertinya ingin mengajak para penggemar Ford GT untuk mengenang prestasi membanggakan yang diukir di tahun 60-an.

Ford GT sendiri merupakan mobil sport mid-engine dua tempat duduk yang diperkenalkan pada tahun 2005. Saat ini mobil yang juga hadir dengan versi track-day-only bernama GT Mk II ini telah lahir dalam dua generasi.

Soal dapur pacu, mobil ini dibekali mesin V6 twin turbo 3,5 liter. Varian GT sendiri hadir dengan tenaga sebesar 660 tenaga kuda sedangkan varian GT Mk II hadir dengan tenaga 700 tenaga kuda.