Purwakarta – Wakil Kepala Polisi Komjen Ari Dono meninjau arus lalu lintas Natal tahun 2019 dan liburan tahun baru di jalan tol dari Jakarta ke Purwakarta menggunakan sepeda motor BMW GS Series. Dia mengatakan arus lalu lintas untuk liburan Natal dan Tahun Baru lebih lancar dari tahun lalu.

"Hari ini Mabes Polri mengawasi pemantauan operasi lilin, baik yang dipantau dari udara dan darat pada titik-titik tertentu, pengamatan saya sangat sangat lancar," kata Ari Dono di Pos Polisi Terpadu Cikopo, Purwakarta, Sabtu (22/12) / 2018)

Dia menjelaskan, arus lalu lintas liburan Natal dan tahun baru 2019 yang tampak lebih mulus dibanding tahun lalu dipengaruhi oleh pembangunan proyek jalan tol yang ditinggikan. Menurutnya, tahun lalu proyek masih memenuhi jalan tol sehingga menyebabkan kemacetan.

"Saya perhatikan sebelumnya bahwa itu lebih lancar daripada tahun 2017 baru, karena 2017 aktif di jalan tol flyover yang masih penuh sehingga relatif lebih padat," kata Ari.
Ari mengatakan, ada sekitar 29 ribu kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cikopo pagi ini. Ia juga mengimbau warga agar tetap berhati-hati dalam perjalanan.

"Jumlah kendaraan sampai pagi ini adalah 29.589 yang melintasi pagi ini di Jalan Tol Cikopo, jika tidak ada persimpangan Natal, semuanya akan lancar," kata Ari.

"Daya tarik saya, bahwa ada titik jenuh dengan perjalanan panjang ini, tentu saja harus lebih hati-hati. Sebelum lelah, kita harus berhenti di rest area karena perjalanannya cukup panjang," tambah Ari. (haf / ddn)