Sleman – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkuda bersama komunitas motor RX King di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berkuda dimulai di kompleks Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta ke Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Kelompok ini menemani Budi, Kepala Inspektur Jenderal Polisi DIY Ahmad Dofiri, pelatih DIY RX RX (YRKI) Gus Miftah Yogyakarta dan sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan.

Dalam perjalanan ini, Budi menghadiri Jambore Regional YRKI DIY serta berkampanye untuk keselamatan berkendara. Budi juga menyaksikan perlombaan menyenangkan yang merupakan bagian dari acara YRKI DIY Jambore di halaman Stadion Maguwoharjo.

"Sekitar 70% kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor. Jadi harus dipatuhi dan direalisasikan untuk mengatur kecepatan kendaraan sehingga jumlah kecelakaan kendaraan roda dua bisa turun," kata Budi, Minggu (20/1/2019)

Pelatih YRKI DIY, Gus Miftah, juga berharap anggota YRKI mematuhi peraturan lalu lintas saat mengemudi. Ulama muda eksentrik yang merawat Pondok Pesantren Ora Aji Sleman juga memasukkan pesan-pesan agama.

"Dulu saya juga nakal, tetapi saya tidak meninggalkan shalat. Anak RX King juga harus seperti itu," katanya. (rgr / ddn)