Dunia ritel mobil berubah, dan itu berarti kabar baik bagi pembeli mobil. Cara tradisional membeli mobil dari showroom dealer telah ada selamanya, dan itu adalah permainan di mana lapangan bermain sangat miring dalam mendukung dealer. Dealer tahu semua nomor yang terlibat jauh lebih baik daripada pembeli, dan jadi tahu persis di mana margin dapat ditingkatkan dan dikurangi untuk memaksimalkan keuntungan mereka sementara masih muncul untuk memberikan penawaran yang bagus.

Ini agak seperti kasino; penumpang di meja mungkin memiliki beberapa kemenangan individu di sana-sini, tetapi secara keseluruhan rumah selalu menang. Membeli mobil dari dealer serupa, di mana Anda mungkin mendapatkan mereka untuk menjatuhkan harga mobil sedikit atau membuang beberapa tambahan, tetapi mereka mendapatkan semuanya kembali lagi pada paket keuangan atau tambahan lainnya yang tidak Anda sadari, Anda bahkan perlu (tetapi diyakinkan oleh salesman bahwa mereka benar-benar penting).

Internet telah pergi beberapa cara untuk membantu pembeli, di mana Anda dapat dengan mudah memeriksa harga dari beberapa dealer yang berbeda di seluruh negeri. Tapi itu masih hanya titik awal; dealer seringkali akan senang memotong harga mobil jika mereka dapat menebusnya di tempat lain, dan menjadi sangat sulit untuk tetap di atas negosiasi ketika Anda memiliki mobil baru, tukar-menukar Anda (tukar tambah), keuangan, asuransi, opsi, dan aksesori semuanya membentuk angka terakhir. Dealer adalah ahli dalam menyulap semua bola ini sekaligus, dan mereka tahu persis berapa banyak yang mereka hasilkan dari setiap bagian dari kesepakatan keseluruhan. Pelanggan, biasanya, benar-benar dalam kegelapan seperti berapa banyak kesepakatan yang mereka dapatkan.

Semakin banyak pembeli mobil kini beralih ke agen pembelian mobil atau broker mobil untuk membantu mereka mengelola pembelian mobil mereka. Di sini pembeli harus bermain di bidang level dengan dealer, karena agen pembelian mobil atau broker mobil biasanya memiliki pengetahuan dan keahlian yang sama seperti dealer untuk dapat bernegosiasi pada setiap aspek transaksi untuk keuntungan pembeli.

Keuntungan lain menggunakan broker mobil atau agen pembelian mobil adalah menghemat banyak waktu. Meneliti mobil dan trekking di seluruh kota untuk mengunjungi dealer, mendapatkan penawaran dari berbagai dealer dengan model yang berbeda dan membandingkan semua informasi adalah latihan yang sangat melelahkan. Agen pembelian mobil atau broker mobil dapat mengambil mobil dari semua yang ada dan memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan Anda atau menikmati waktu rekreasi Anda.

Jadi apa sebenarnya yang dilakukan agen pembelian mobil atau broker mobil?

Mari jelaskan perbedaan antara agen pembelian mobil dan broker mobil.

Dengan pialang mobil, Anda memberikan sedetail mungkin tentang mobil yang Anda cari, dan pialang memasarkan kendaraan yang cocok dengan spesifikasi yang Anda inginkan semaksimal mungkin.

Agen pembelian mobil menawarkan layanan keseluruhan yang lebih komprehensif, biasanya melibatkan saran dan rekomendasi khusus untuk memilih mobil dan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda, serta sumber kendaraan yang dipilih . Jika Anda tidak yakin dengan jenis mobil terbaik untuk kebutuhan Anda, saran agen pembelian mobil bisa jauh lebih berharga daripada penghematan yang mungkin ia dapatkan dari dealer. Memilih mobil yang lebih cocok dapat bernilai penghematan yang cukup besar atas seluruh periode kepemilikan Anda, bahkan jika kesepakatan pada harga mobil tidak signifikan. Banyak orang telah membeli mobil yang sama sekali tidak cocok untuk kebutuhan mereka, dan menggunakan broker mobil tidak akan mencegah hal itu. Namun, agen pembelian mobil yang baik akan membantu Anda memastikan bahwa Anda memilih mobil yang akan melakukan semua yang Anda butuhkan selama Anda memilikinya.

Biaya

Broker dan agen membuat mereka uang dari biaya yang dibebankan kepada klien untuk layanan mereka, dan / atau pembayaran atau komisi dari dealer. Ini adalah poin penting bagi Anda sebagai pembeli; jika broker Anda dibayar oleh dealer, mereka akhirnya bekerja untuk dealer bukan untuk Anda, yang berarti mereka mungkin tidak bertindak dalam kepentingan terbaik Anda untuk mengamankan mobil terbaik yang tersedia dengan harga terbaik.

Untuk memastikan bahwa agen Anda bertindak demi kepentingan terbaik Anda dan bukan dealer, Anda harus selalu mencari agen pembelian mobil atau broker mobil yang memiliki struktur biaya yang jelas dan tidak menerima pembayaran atau komisi dari dealer yang menjual. Biaya harus dijelaskan dengan jelas, mudah dimengerti, dan berhubungan dengan layanan yang disediakan. Jika broker mengiklankan layanan mereka sebagai layanan gratis, maka hampir pasti berarti mereka dibayar komisi atau 'biaya finder' oleh dealer. Jika agen atau broker menawarkan saran mereka secara gratis, tidak mungkin laporan terperinci dan analitis yang tepat yang mencakup setiap aspek kebutuhan mengemudi Anda.

Seorang broker mobil biasanya akan mengenakan biaya berdasarkan nilai mobil yang mereka sedang mencari sumber. Jika ini kasusnya, Anda harus menyadari struktur biaya mereka sebelum Anda memulai – misalnya, jika ambang harga terkait pada struktur biaya mereka adalah £ 30.000, maka mobil seharga £ 30,001 dapat berarti biaya yang jauh lebih besar untuk broker dari mobil seharga £ 29.999.

Beberapa agen atau broker akan membebankan biaya tetap untuk layanan mereka, dan beberapa mungkin mengenakan biaya berdasarkan tingkat diskon yang mereka dapat dari harga yang diiklankan. Ini berarti semakin banyak uang yang Anda simpan, semakin banyak yang akan mereka hasilkan dan memberi Anda keyakinan bahwa mereka bertindak demi kepentingan terbaik Anda.

Dengan agen pembelian mobil, biasanya akan ada biaya untuk saran dan keahlian mereka, dan biaya terpisah untuk sumber kendaraan. Sekali lagi, Anda harus menyadari bagaimana cara kerja harga mereka, tetapi jangan ditunda oleh ide membayar untuk saran ahli karena dapat menghemat ribuan dalam jangka panjang. Anda bahkan dapat menggunakan agen pembelian mobil untuk saran tentang memilih mobil tetapi menangani pembelian sendiri. Hal ini sering terjadi pada pengemudi mobil perusahaan, yang memiliki pengaturan penyewaan di tempat kerja mereka tetapi tidak tahu mobil mana yang akan disewa.

Singkatnya, broker mobil atau agen pembelian mobil dapat melakukan proses pembelian mobil jauh lebih menarik dan menguntungkan bagi konsumen rata-rata, menghemat banyak waktu dan berpotensi menghasilkan banyak uang.