Tangerang – Segmen dari Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau mobil keluarga 7-penumpang pada 2018 masih didominasi oleh Avanza dan Xpander. Meskipun mobil LMPV bukan hanya Avanza dan Xpander. Ada juga Xenia, Mobilio, Confero, dan Ertiga.

Keenam bertanding untuk memenangkan hati orang Indonesia. Namun duet Avanza dan Xpander selalu mengisi tiga besar mobil terlaris di Indonesia.

Avanza lain, yang lain dengan Mobilio. Penjualan Mobilio tidak seakurat saingan mereka. Avanza, misalnya, pada Oktober 2018 terjual 9.358 unit sementara Honda Mobilio 1.224 unit. Beberapa mengatakan bahwa untuk mendorong angka penjualan yang lebih baik, Honda Prospect Motor (HPM) dianggap perlu untuk menyegarkan Mobilio. Namun menurut Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, Mobilio belum perlu melakukan hal ini.

"Kami baru saja melakukan mobilio 2017 (penyegaran), jadi kami berharap itu masih sama," kata Jonfis kepada wartawan di BSD Grandprix, Tangerang, Minggu (2/12/2018).

Meskipun belum ada pembaruan, Jonfis mengatakan tren penjualan Mobilio mulai meningkat.

"Tren Mobilio mulai naik 2.000 lebih, yang 2.300 bulan lalu. Bulan ini ada lebih dari 2.000, trennya meningkat," kata Jonfis.

Lebih lanjut, Jonfis mengatakan, banyak orang yang mulai menyadari bahwa membeli mobil bukan hanya melihat faktor pembaruan.

"Saya pikir setelah mungkin euforia di kelas MPV, orang-orang sadar akan fungsional, biaya operasional pada akhirnya akan terpengaruh," kata Jonfis.

"Karena model juga berpengaruh, ketika kami meluncurkan Mobilio ada juga faktor terbaru, setelah menggunakannya nanti akan kembali ke normal di mana mobil berfungsi, menjalankan biaya mobil mungkin kepuasan dalam kepuasan merek tertentu akan mulai kembali, "kata Jonfis. (riar / kering)