Honda hanya menghadirkan Accord 2021 dan sebagainya dalam opsi transmisi otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Di negara-negara tertentu, masih ada pengendara yang menginginkan mobil keluaran terbaru dalam transmisi manual. Karena itu, Honda Accord juga ditawarkan dalam opsi manual dan otomatis.

Dilansir dari Car and Driver, Senin (20/7), rupanya tahun ini adalah tahun terakhir bagi Honda untuk menghadirkan produk dalam format transmisi manual. Artinya, untuk saat ini, Honda memutuskan untuk hanya membawa Accord 2021 dan seterusnya dalam opsi transmisi otomatis.

Sebenarnya, keputusan ini telah ditetapkan sejak Desember 2019. Ini ditetapkan karena volume penjualan Accord dalam transmisi manual dianggap terlalu kecil.

Transmisi manual yang dihadirkan adalah transmisi enam percepatan pada varian sport Accord. Gear box dikawinkan dengan dua opsi powertrain yaitu mesin 1,5 liter 192 tenaga kuda dan mesin 2 liter 252 tenaga kuda.

Berdasarkan data Honda, varian dengan transmisi manual hanya menyumbang sekitar 1 hingga 2 persen dari total penjualan Accord. Angka penjualan kecil itu membuat Honda yakin akan menghentikan produksi pada varian ini.

Saat ini, Accord Manual hanya memiliki sekitar 20 unit tersisa di pasar. Artinya, bagi mereka yang menginginkan mobil ini dalam kondisi baru dan dilengkapi dengan transmisi manual, ia harus segera pergi ke dealer karena kemungkinan varian ini akan menjadi varian yang langka dan dicari oleh para kolektor.

Selanjutnya, Honda saat ini sedang bersiap untuk menghadirkan Accord 2021. Selain hanya hadir dalam transmisi otomatis, Accord 2021 juga akan hadir dalam fitur dan gaya baru.