Jakarta – Presiden Joko Widodo sempat duduk di jalan raya versi motor MotoGP, Honda RC213V-S. Sepeda motor membuat Jokowi ngeri karena dia punya mesin besar. 1.000 cc.

"Betapa terkejutnya saya, 1.000 cc ini, sepeda motor saya hanya 350 cc," kata Jokowi setelah bertemu dengan finalis Indonesia 2019 dan Miss Universe Catriona Elisa Magnayon Grey 2018, Chief Executive Officer Dorna Carmelo Ezepeleta dan pembalap muda Indonesia Mario Suryo Aji.

Sepeda motor ini bukan mobil motor secara acak. Untuk mengendarainya, Honda menerapkan penyaringan ketat untuk calon pengendara. Dalam ajang uji coba acara Honda beberapa waktu lalu, pengendara diharuskan mengikuti tes mengendarai kendaraan Honda lain sebelum mengendarai Honda RC213V-S. Seorang pengendara mencoba sepeda motor Honda RC213V-S di Sentul Foto: Grandyos Zafna

Dalam catatan AFP, sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2016, dan menjadi etalase bagi Honda untuk menunjukkan kemampuan teknologinya. Motor Supersport Honda RC213V-S adalah versi jalan raya bermotor dari Honda RC213V yang dikendarai oleh pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP.

Honda RC213V-S Foto: Rengga Sancaya

Sepeda motor ini memiliki konfigurasi mesin yang mirip dengan motor MotoGP, yang mengusung mesin balap DNA V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang dapat menghasilkan daya maksimum 117 kW / 11.000 rpm dan torsi 102 Nm / 10.500 rpm untuk versi standar. Sistem pembakaran menggunakan PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16.3L.

Foto: M. Lutfi Andika

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Dirakit secara manual oleh pekerja terampil pilihan Honda untuk menjadikan produk ini eksklusif.

Foto Honda RC213V-S: Wahana

Hanya beberapa perubahan yang dilakukan untuk membuat Honda RC213V-S dapat mengemudi di jalan raya, termasuk penambahan lampu depan dan belakang, lampu untuk plat nomor kendaraan, sinyal belok depan dan belakang, kaca spion, spedometer, knalpot dengan katalis , penopang plat nomor kendaraan, klakson, kunci pintar Honda, self-starter dan side stand

detikcom telah mencoba motor ini dan ulasannya dapat dibaca di tautan di bawah ini:

Sayangnya sepeda motor ini belum secara resmi dijual di pasar Indonesia, tetapi Honda pada beberapa kesempatan berjanji akan menjembatani konsumen yang tertarik dengan sepeda motor ke prinsipal Honda di Jepang.

"Harganya sekitar Rp 7-9 miliar, tetapi kami tidak menjualnya," kata Komunikasi Korporat PT Astra GM, Honda Motor Ahmad Muhibbuddin, kepada AFP, Senin (11/11/2019).

(ddn / ddn)