Baleno Baru dibandrol dengan harga Rp. 230 juta sd 242 juta otr Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada era 90-an Suzuki sempat mewarnai pasar sedan di Indonesia melalui produk bernama Baleno. Seiring waktu, Baleno berubah bentuk dan ditawari crossover.

Saat ini salah satu legenda Suzuki sedang mengalami ubahan wujud lagi. Pasalnya, saat ini Baleno dipasarkan dalam format hatchback. Nah, kali ini Republika.co.id berkesempatan menjajal performa New Baleno yang diperkenalkan dengan tagline hatchback lengkap.

Saat pertama kali bertemu New Baleno, pesona yang paling menonjol adalah front end. Pasalnya, tampilan New Baleno didukung oleh gril yang khas. Mengingat, gril yang hadir melalui desain berbentuk v tampil dengan gril sarang lebah hitam sederhana.

Kemudian, gril juga dibekali aksen krom seakan menyatu dengan lampu depan. Selain itu, fasia New Baleno juga dipermanis dengan lampu depan yang sudah menerapkan sistem proyektor LED untuk menunjang visibilitas pengendara.

Semua itu dipadukan dengan desain kap mesin yang dihiasi garis-garis tegas dan desain bumper yang agresif. Melalui kombinasi tersebut, Baleno generasi keenam terlihat sebagai mobil kompak yang sporty dan dinamis.

Di bagian buritan, New Baleno tampil lebih simpel lewat desain boks tailight LED. Namun, nuansa sporty juga tersirat dari ducktail yang menempel di kaca belakang bagian bawah. Secara keseluruhan, eksterior mobil bermesin 1,4 liter ini terlihat proporsional namun juga desainnya agresif berkat bahasa desain yang disebut desain aliran cairan.

Begitu memasuki kabin, Anda masih bisa merasakan New Baleno yang ikonik. Pasalnya, dashboard pada mobil ini hadir melalui desain yang terkesan mirip dengan bahasa desain pada gril. Bahkan, dashboard ini juga dihiasi aksen garis-garis panjang yang juga menyiratkan rasa lega.

Saat masuk ke dalam kabin, pengemudi juga dimudahkan dengan fitur keyless entry yang bisa diakses melalui tombol di gagang pintu pengemudi dan penumpang depan. Untuk menghidupkan mesin, pengemudi juga dimudahkan dengan fitur tombol start stop.

Saat Republika.co.id menghidupkan mesin dan menyalakan mobil, kesan pertama yang muncul adalah intervensi power steering yang intens. Ini juga membuat setir terasa sangat ringan.

Sebagai sebuah hatchback, tentunya ini menjadi keunggulan vital yang dapat menunjang pengendara saat bermanuver di jalanan perkotaan. Namun saat dipacu dengan kecepatan yang cukup tinggi, berkendara tetap terasa presisi berkat dukungan ground clearance terukur dan suspensi yang mendukung handling optimal.

Soal kesan berkendara, New Baleno didukung mesin empat silinder segaris K14IB. Kebutuhan akselerasi dalam kota maupun di jalan raya cukup memadai berkat dukungan mesin berkekuatan 92,4 PS dan torsi 130 Nm. Unit yang digunakan Republika.co.id merupakan unit dengan transmisi manual lima kecepatan yang didukung dengan desain tuas transmisi yang ergonomis dan memiliki ukuran perpindahan tongkat yang panjang sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

Dari segi akomodasi, mobil dengan lima tempat duduk ini hadir dengan ruang kabin yang terbilang lega untuk sebuah mobil kompak. Pengendara dengan tinggi sekitar 170 cm dapat ditopang dengan nyaman baik saat duduk di jok depan maupun belakang.

Padahal, saat duduk di jok belakang, penumpang tetap merasa nyaman berkat legroom dan headroom yang memadai. Kenyamanan tersebut juga didukung oleh desain jok yang ergonomis dan sandaran punggung yang nyaman.

Selain itu, perjalanan pun semakin dimanjakan berkat fitur tampilan multi informasi yang menarik, sistem audio layar sentuh, lingkar kemudi berbahan kulit dengan sakelar kontrol audio dan koneksi telepon bluetooth, sistem AC dengan iklim otomatis dan kemudi miring & teleskopik.

Saat berkendara di jalan sempit dan melewati mobil lain, pengemudi juga dipermudah dengan fitur spion yang bisa dibuka. Soal fitur keselamatan, New Baleno juga dibekali platform generasi baru, ABS, EBD, dan dual SRS airbag.

Untuk pilihan warna, mobil yang ditawarkan dengan harga berkisar Rp. 230 juta hingga 242 juta on the road Jakarta hadir dengan magma abu-abu metalik, solid fire red, prime stargaze blue, pearl midnight black, metallic premium silver, dan pearl Arctic white. Dengan berbagai pilihan dan fitur tersebut, tak heran jika pabrikan asal Jepang ini percaya diri menghadirkan New Baleno dengan tagline hatchback lengkap.