Jakarta – Belum meluncurkan satu mobil pun, Esemka telah menerima banyak komentar miring. Yang paling sering didengar adalah bahwa Esemka tidak sepenuhnya memproduksi mobil di pabriknya. Mobil-mobil itu dilaporkan diimpor dari China.

Itu datang seiring dengan munculnya foto-foto mobil Esemka mulai tahun 2018. Bentuk mobil berlogo Esemka itu dikatakan mirip dengan mobil merek China Foday.

Sebagai pabrikan mobil terbesar di dunia, China memang memiliki banyak merek mobil. Tampilan satu mobil dan yang lain hampir menyerupai itu. "Jika Esemka mengambilnya dari DFSK, bukan. Mobil di China memang banyak, sehingga banyak pickup yang mungkin mirip," kata DFSK Managing Director Sales Sales Franz Wang saat berbincang dengan detikOto.

"Esemka memang pernah ke China untuk melihat mobil tetapi tidak tahu siapa yang akhirnya bekerja dengan," Franz menjelaskan.

Informasi tentang mobil Esemka masih membingungkan. Esemka dilaporkan akan diluncurkan dalam waktu dekat, tetapi tidak jelas kapan tepatnya. Begitu juga soal pabrik. Pabrik Esemka di Boyolali memang pernah melihat beberapa mobil pikap tetapi mobil itu diambil dari luar pabrik.

Sekretaris Desa Demangan, Heri Listanto, mengungkapkan bahwa sejauh yang ia ketahui, mobil-mobil pickup telah tiba di pabrik. Mobil itu diangkut ke pabrik menggunakan truk kontainer beberapa waktu lalu.

Dia mengaku melihat konvoi truk kontainer saat mereka lewat di depan rumahnya.

"Pada malam hari, truk kontainer diangkut," kata Heri Listanto, kepada wartawan di kantor desa Demangan, Distrik Sambi, Boyolali, Senin (22/10/2018)
detikOto telah menghubungi pihak Esemka tetapi sampai sekarang belum ada jawaban. Esemka terakhir memiliki Sertifikat Uji Jenis (SUT) sehingga diizinkan untuk melanjutkan ke proses produksi.

Namun saat pengujian Esemka masih dilakukan standar emisi Euro2. Sedangkan untuk kendaraan baru yang akan diproduksi di Indonesia, mobil-mobil harus Euro4 standar. Kementerian transportasi panggilan Esemka harus menjalani tes ulang dan memenuhi standar emisi Euro4 jika Anda ingin terus menjual mobil mereka di Indonesia.

Tonton Video: Jokowi Buka tentang Esemka

[Gambas:Video 20detik]

(kering / ddn)