Jakarta – Wuling Confero adalah mobil dengan harga terendah di segmennya. Mengisi segmen Low MPV, Wuling menawarkan Confero yang siap bersaing dengan Avanza Cs. Modal utama Confero adalah harganya yang murah di samping fitur yang diklaim tidak kalah dengan pesaingnya.

Hadir di tahun yang sama dengan Mitsubishi Xpander, Confero masih harus bekerja ekstra keras untuk membuktikan bahwa mobilnya tidak kalah bersaing dengan Avanza Cs. Nasib Xpander adalah bahwa dalam beberapa bulan ini dapat menyaingi ketangguhan Avanza di puncak mobil terlaris.

Pada tahun pertamanya, menurut data partai besar Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), Wuling mampu menjual 4.958 unit mobil di Indonesia. Padahal pada periode yang sama, Xpander mampu mencatat penjualan 13.070 unit.

Memasuki tahun kedua, Wuling Confero mengalami peningkatan. Meskipun belum mampu mendorong ke atas mobil terlaris, setidaknya penjualan Confero lebih dari dua kali lipat.

Tercatat sepanjang 2018, Wuling berhasil menjual 11.062 unit dalam partai besar. Tidak apa-apa, dibandingkan dengan Avanza yang mencapai 82.167 unit dalam satu tahun.

Sementara Xpander, selama 1,5 tahun penjualan di negara itu, mampu mencatat penjualan 75.075 unit.

Persaingan di segmen Low MPV memang cukup ketat. Mobil jenis ini memang memiliki peminat terbanyak di Indonesia. Persaingan akan semakin ketat karena beberapa produsen memutuskan untuk mendandani mobil mereka untuk memenangkan hati rakyat Indonesia. (kering / ddn)