Jakarta –

Menjelang MotoGP 2020 Republik Ceko, Yamaha memandang perlombaan dengan cermat. Sebab, Yamaha mungkin di MotoGP Spanyol dan Andalusia terganggu dengan masalah mesin.

The Doctor menjadi korban pertama di MotoGP Spanyol. Seminggu kemudian, Maverick Vinales mengalami masalah yang sama dalam sesi pelatihan gratis, dan akhirnya Franco Morbidelli harus menyelesaikan balapan lebih cepat di seri MotoGP Andalusia.

Dikutip dari Speedweek, Selasa (4/8/2020) bos Yamaha, Lin Jarvis menepis isu bahwa mesin pabrikan garpu tala terlalu panas di Sirkuit Jerez. Pada saat yang sama menepis berita bahwa mesin YZR-M1 disetel & # 39; dipaksakan & # 39; untuk dapat bersaing dengan KTM, Honda, dan Ducati.

"Masalah mesin kami tidak ada hubungannya dengan overheating atau kecepatan. Itu pasti," kata Lin Jarvis.

"Saya pikir kita sudah tahu penyebabnya. Kami sedang berusaha mencari jalan keluar. Saya yakin kita bisa menghindari masalah ini musim depan." dia berkata.

"Masalah ini tidak akan diselesaikan hanya dengan mengurangi kecepatan. Itu bukan penyebab masalah," tambah pria berusia 62 tahun itu.

Lalu bagian mana dari mesin yang terdeteksi memiliki masalah?

"Mesin seperti itu terdiri dari banyak, banyak komponen, beberapa diproduksi di rumah oleh Yamaha, beberapa oleh pemasok lain. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi tentang itu," kata Jarvis.

Yamaha telah dilanda masalah mesin musim ini. Dalam sebuah dokumen Dorna Sport diketahui Vinales telah membuka segel lima mesin yang dialokasikan musim ini.

Sementara tiga pebalap Yamaha lainnya telah membuka empat seal mesin. Satu mesin Vinales dan satu mesin Rossi dikeluarkan dari daftar karena mereka dikirim ke Jepang untuk menganalisis masalahnya. Bahkan, masih ada 12 seri balapan lagi yang akan diadakan musim ini.

Untuk diketahui, tim yang dianggap kuat di MotoGP (Honda, Yamaha, Suzuki dan Ducati) hanya dapat menggunakan lima mesin dalam 14 seri MotoGP musim ini, dan pendatang baru seperti KTM dan Aprilia memiliki jatah tujuh mesin. Siapa pun yang menggunakan mesin tambahan akan dihukum. Sanksi dapat dimulai dari posisi belakang atau mulai dari pit lane.

Sekarang Yamaha sedang menimbang hal-hal yang bisa dilakukan mengenai batasan penggunaan lima mesin musim ini.

"Kami tahu aturannya. Kami sedang mengeksplorasi semua opsi tentang cara menghilangkan kekurangan ini (masalah mesin)." Jarvis cerah.

Lihat video "MotoGP Cancel 3 Race Series"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)