Jakarta – Menutup penjualan dan mengejar target sebelum menutup buku pada tahun 2018 dengan harga diskon dan berbagai bonus lainnya adalah cara yang cukup kuat untuk menarik orang Indonesia untuk membeli mobil.

Itu juga disambut oleh calon pembeli. Karena harga mobil di Indonesia biasanya naik pada awal tahun.

Para produsen mobil tidak ragu untuk memberikan harga diskon yang lumayan bagus. Daihatsu, misalnya, memberikan diskon untuk model Terios, yang sebenarnya baru diluncurkan selama satu tahun. Daihatsu sendiri pada Desember 2018 memberikan diskon sebesar Rp 6 Juta untuk model Terios. Informasi ini diperoleh langsung oleh detikOto ke salah satu dealer resmi Daihatsu di Jakarta.

"Kalau Terios tidak perlu pivot, stoknya kecuali tipe X AT. Kita bisa memberikan diskon Rp 6 juta," kata salah seorang wiraniaga yang bekerja di dealer kepada detikOto.

Diskon ini tentu akan sangat menarik mengingat tahun depan harga mobil akan mengalami kenaikan harga seperti yang biasa dilakukan oleh APM.

"Harga akan meningkat tahun depan, untuk Daihatsu sendiri peningkatannya bisa berkisar dari Rp 3-4 juta," tambahnya.

Tidak seperti kembarannya, yang lahir dari lini produksi yang sama, Toyota Rush sendiri tidak memberikan promo akhir tahun karena ketersediaan produk yang telah terjual habis.

"Rush sudah habis, kalau mau beli harganya sudah harga tahun depan dan belum ada harga promo," kata dealer resmi Toyota di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Saat ini varian termurah All New Daihatsu Terios X MT dilepas dengan harga Rp. 197 Juta sementara varian tertinggi dari Daihatsu Terios R AT Deluxe dengan harga Rp. 250 Juta. Sedangkan Rush, model termurah dengan harga Rp. 242.15 juta dan harganya Rp. 263,55 juta. (rip / kering)