Jakarta –

Carvana co telah memulai bisnisnya di Amerika Serikat sejak lama. Tapi baru belakangan ini mereka mendapat untung besar dari menjual mobil bekas menggunakan mesin penjual otomatis.

Dalam laporan yang dirilis Bloomberg awal pekan ini, Carvana Co mengalami kenaikan harga saham sebesar 31 persen. Itu melanjutkan tren positif mereka sepanjang 2020, di mana nilai sahamnya melonjak hingga 150%.

Carvana Co saat ini memiliki mayoritas saham yang dimiliki pasangan ayah-anak, Ernie Garcia II dan Ernest Garcia II. Akibat kenaikan nilai saham awal pekan ini, nilai kekayaan mereka kini mencapai Rp 319,7 triliun.

Melonjaknya stok Carvana terjadi karena adanya peningkatan pembeli mobil bekas secara online sejak pandemi datang di awal tahun. Carvana Co merupakan salah satu penjual mobil bekas online yang memberikan penawaran dan pengalaman berbelanja paling unik diantara gerai mobil bekas lainnya.

Calon pembeli mobil bekas di Carvana Co dapat memilih mobil yang mereka inginkan secara online. Informasi mengenai mobil yang ditampilkan di situs resminya sangat lengkap. Tidak hanya spesifikasi, fitur dan kelebihan lainnya. Lecet, penyok, dan kerusakan kecil lainnya juga ditampilkan. Di luar dugaan, hal ini justru menarik banyak calon pembeli karena sudah mengetahui minimnya kendaraan yang akan dibeli.

Selain itu, Carvana Co juga menawarkan berbagai fasilitas berupa pengiriman gratis, jaminan penukaran mobil, hingga asuransi, dan layanan servis.

Hal paling menarik tentang Carvana co adalah bagaimana mereka menampilkan mobil bekas untuk dijual. Tidak seperti kebanyakan dealer mobil, Carvana Co. membuat mesin penjual otomatis raksasa untuk memamerkan mobil mereka.

Vending machine ini bukan sekedar tipu muslihat, karena sebenarnya fungsinya seutuhnya seperti vending machine. Pembeli yang telah memilih mobil secara online dapat datang ke vending machine untuk mengambil mobil tersebut.

Setelah memasukkan koin khusus, mesin penjual raksasa (seukuran gedung 8-10 lantai) akan mengeluarkan mobil yang dipesan. Pembeli tinggal menunggu mobil turun dan siap dibawa pulang.

"Covid-19 mendorong konsumen untuk mencari mobil bekas dan Carvana Co diuntungkan dari tren ini," kata Alexander Potter, analis Piper Sandler, dikutip dari Bloomberg.

Tonton video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rip)