Jakarta – Indonesia sedang menuju transisi ke penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Tidak hanya mobil, sepeda motor akan beralih ke motor listrik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu komitmen Indonesia adalah untuk mengurangi emisi gas buang. Untuk Kementerian Perindustrian, salah satu yang penting adalah sepeda motor listrik yang sekarang sedang dipelajari.

"Seperti dalam industri otomotif (mobil) kami mendorong kendaraan emisi karbon rendah (LCEV) dengan roadmap 2025 tatget 20 persen. Tentu kami melihat bagaimana sinkronisasi dengan motor berbasis listrik dan model bisnis atau ekosistem seperti," kata Airlangga. dalam upacara pembukaannya 2018 Indonesia Motorcycle Show di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Airlangga melihat ekosistem penggunaan sepeda motor listrik di luar negeri sebagai pembanding. Misalnya di Taiwan, motor listrik dapat bertukar baterai. Artinya, baterai kosong dapat ditukar dengan baterai yang terisi penuh, seperti menukar gas untuk kompor. Tentu ini bisa membuat pengisian ulang baterai motor listrik lebih maksimal.

"Kami melihat seperti apa model bisnis di Indonesia tersebut. Tentu saja, Kementerian Perindustrian juga melakukan kajian terkait kenyamanan konsumen, model bisnis dan proyek demo. Kami melihat bagaimana kesiapan kendaraan berbasis listrik," katanya. (rgr / ddn)