Surabaya – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan dimulai tahun ini di Surabaya. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto direncanakan membuka pameran.

Ketua Umum Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan alasan pembukaan GIIAS 2019 di kota Surabaya adalah karena Indonesia bukan hanya Jakarta. Untuk itu, pestanya memulai serangkaian pameran dari Kota Pahlawan.

"Mengapa kita menyebutnya serangkaian mobil. Karena Indonesia bukan hanya Jakarta, Indonesia tidak hanya Jawa Barat atau Provinsi DKI. Indonesia sangat luas. Jadi kami berpikir dengan hati-hati," kata Yohannes pada konferensi pers di sebuah restoran di Jalan. Bali, Surabaya, Kamis (28/3/2019).

"Jawa Timur adalah provinsi dengan penjualan otomotif terbesar ketiga di Indonesia. Apalagi jika kita lihat dari jumlah tahun lalu penjualan mobil terkonsentrasi di Jawa sebesar 82 persen. 18 persen berada di luar Jawa," tambahnya.

John melanjutkan, pada pembukaan pameran besok, itu akan dibuka secara langsung. Tidak hanya itu, Menteri Perindustrian Airlangga juga akan mengunjungi stan masing-masing peserta.

"Kami ingin implementasi GIIAS di Surabaya menjadi salah satu elemen penting yang mendorong pertumbuhan industri otomotif. Dan kehadiran Mr. Airlangga tentu saja memberikan dorongan kuat terhadap potensi industri otomotif di Jawa Timur," jelasnya. .

Sementara itu, Direktur Proyek GIIAS 2019 Sri Vista Lembong mengatakan bahwa pameran akan diikuti oleh berbagai merek mobil terkenal di industri otomotif. Sedangkan untuk target pengunjung, ia memperkirakan pameran akan dihadiri oleh 50 ribu pengunjung.

"Sebanyak lebih dari 30 peserta pameran dari mobil penumpang, kendaraan komersial, dan industri pendukung dan sebagian besar APM memastikan bahwa mereka akan menghadirkan produk-produk unggulan terbaru mereka di GIIAS Surabaya 2019," kata Vista.

Selain itu, lanjut Vista, selama pameran, ia juga menawarkan berbagai penawaran dan promo yang telah disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Sedangkan untuk pengunjung wanita di GIIAS Surabaya 2019, mereka menawarkan penawaran khusus, yaitu day day out, yang merupakan entri gratis untuk semua pengunjung wanita pada hari Rabu 3 April 2009 dari pukul 10:00 hingga 16:00 WIB.

"Kami juga menyediakan voucher BBM gratis untuk pengunjung senilai Rp 25 ribu. Selain itu, setiap hari kerja dan hari kerja pembelian tiket khusus dan hari libur nasional pengunjung berkesempatan mendapatkan voucher BBM Ro 100.000 dengan hanya menunjukkan tiket masuk pameran dan surat pemesanan kendaraan , "kata Vista. (ddn / ddn)