Jakarta – Nissan Grand Livina telah lama mewarnai jalan-jalan di Indonesia. MPV lahir pada 2007. Selama waktu itu berita yang ditulis oleh Grand Livina tidak berubah sepenuhnya.

Artinya, Grand Livina, yang masih beredar di jalanan Indonesia, sudah miskin selama 12 tahun. Dalam beberapa hari, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dikabarkan akan meluncurkan generasi baru Nissan Livina.

Sejak 2007, dalam hal desain, Nissan belum membuat banyak perubahan pada Livina. Mobil Nissan Grand Livina yang saat ini masih beredar mudah diketahui dari bentuk tubuhnya.

Livina 2009 Foto: Nissan

Meski begitu, baik dari segi fitur, engine hingga transmisi, sepanjang 12 tahun sejarahnya di Indonesia, Livina telah menerima banyak perbaikan.

Beberapa kali, Nissan telah membuat pembaruan kecil ke Grand Livina. Namun, reformasi kecil saja tidak cukup untuk melawan pesaing yang cukup kuat di Indonesia. Mungkin konsumen Indonesia sedang menunggu kehadiran Nissan Low MPV yang sama sekali baru. Apalagi, dia berusia 12 tahun di Indonesia.

Livina 2013 Foto: dermaga detikOto

Menurut catatan detikOto, Nissan beberapa kali memberi pembaruan pada Livina. Mulai dari penambahan varian hingga facelift Livina diluncurkan.

Empat tahun kemudian setelah pertama kali diluncurkan di Indonesia, Nissan meluncurkan Grand Livina facelift, tepatnya pada 2011. Perubahan dimulai dari grille yang memiliki desain baru yang elegan. Pelek juga berubah menjadi lebih banyak batang. Dan untuk interiornya lebih nyaman dengan nuansa hitam. Sementara perubahan juga terjadi pada desain speedometer yang saat ini didominasi oleh warna putih.

Livina Autech 2011 Foto: detikOto doc

Engine dilengkapi dengan teknologi CVTC (Continuously Variable-valve Timing Control) yang mengatur engine untuk meningkatkan torsi dan torsi (momen momen) secara efisien pada setiap putaran engine.

Itu menjadi facelift pertama dari Nissan Grand Livina. Pada tahun-tahun berikutnya, Nissan hanya membuat sedikit penampilan dan fitur Grand Livina. Belum ada perubahan besar pada MPV andalan Nissan. Akhirnya, Grand Livina menerima penyegaran pada Maret 2018 dalam bentuk Grand Livina Special Version.

Foto Versi Grand Grandina Foto: Ruly Kurniawan

Sekarang, dengan memanfaatkan aliansi dengan Mitsubishi, Nissan akan menggunakan platform MPV rendah terlaris dari Mitsubishi, Xpander. Seperti diketahui, kehadiran Mitsubishi Xpander sudah cukup menghantam pasar otomotif Indonesia, terutama kelas MPV rendah yang merupakan segmen terlaris di Tanah Air. Xpander mampu memberikan perlawanan terhadap mobil terlaris di Indonesia, Toyota Avanza.

Secara alami, kehadiran Xpander memberi warna & # 39; baru & # 39; ke segmen MPV rendah. Mitsubishi Xpander menampilkan perpaduan antara desain MPV dan SUV. Generasi terbaru Nissan Livina yang dikabarkan akan diluncurkan dalam waktu dekat dikabarkan memiliki identitas yang mirip dengan Mitsubishi Xpander. Terlebih jika dilihat dari foto yang beredar, bentuknya mirip dengan Mitsubishi MPV. (rgr / ddn)