Jakarta – Saat ini berbagai layanan sudah mulai menjadi modern. Hal-hal seperti pembayaran listrik dan sebagainya tidak dapat diakses rumit. Bahkan kemudian, membayar pajak untuk mobil dan sepeda motor juga tidak perlu pergi ke kantor Samsat lagi.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan pajak kendaraan yang mudah melalui outlet terkemuka atau toko ritel seperti Minimarket. Terobosan baru dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), yang dikomunikasikan oleh Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil melalui Instagram-nya, mulai berlaku pada Januari 2019.

"Karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat sekarang menginginkan warganya jangan diganggu dan waktu bisa untuk produktivitas kehidupan lain yang lebih diprioritaskan. JANGAN LUPA MEMBAYAR PAJAK MOTOR ATAU MOBIL, YA," tulis Ridwan.

Berbagai Warganet menanggapi positif kebijakan tersebut. Seperti akun Instagram @ jullia_88, misalnya, yang mengungkapkan bahwa terobosan itu seperti di luar negeri.

"wehhhhh ,,,,, bagus, bagus memiliki gubernur yang inovatif," tulis pengguna lain, @donal_siadari.

"Sungguh keren, bro, ketika saya membuatnya lebih mudah untuk membayar, saya mampu membayar pajak, saya pulang, saya harus pergi ke raribet … Nuhun ayah dari gubelnul," kata @ mhmd_fahmi22.

Namun, untuk daerah di luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, belum diketahui apakah akan mengadopsi sistem serupa atau tidak. Bahkan dengan Depok atau Bekasi dan sekitarnya.

[Gambas:Instagram]

(ruk / lth)