Mercedes fokus menghadirkan produk mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART – Mercedes Benz saat ini masih melengkapi varian mobil listrik dengan format sedan. Selain itu, pabrikan asal Jerman tersebut juga akan menghadirkan kendaraan listrik (EV) berupa sport utility vehicle (SUV).

Dilansir dari Electrive, Kamis (8/10), pada tahap awal, Mercedes Benz akan menyiapkan E-SUV melalui dua produk. Kedua produk tersebut dikembangkan melalui platform Electric Vehicle Architecture (EVA).

Dalam mengembangkan E-SUV, Mercedes Benz memilih mengawali langkah ini melalui SUV terkecil atau crossover kompak. Salah satu SUV elektrik pertamanya sendiri bakal mengusung nama EQA.

Rencananya SUV listrik yang seukuran dengan Mercedes Benz GLA ini akan mulai diproduksi akhir tahun ini. Artinya produk tersebut diharapkan siap dipasarkan pada tahun 2021.

Dengan langkah tersebut, tidak menutup kemungkinan penjualan mobil listrik dari Mercedes Benz dapat meningkat secara signifikan. Mengingat, saat ini produk SUV merupakan salah satu format paling populer di pasar global.

Terkait strateginya untuk menyambut pasar mobil listrik, Mercedes-Benz saat ini berencana memangkas sejumlah line-up, powertrain, dan platform.

Dilansir dari Autocar pada Maret lalu, selain menyesuaikan regulasi dan kondisi pasar, strategi pabrikan Jerman itu diterapkan sekaligus untuk menyederhanakan varian produk, menekan biaya, dan mendongkrak keuntungan. Kepala Riset dan Pengembangan Mercedes, Markus Schafer, mengatakan strategi ini juga dilakukan karena Mercedes fokus menghadirkan produk mobil listrik.

“Karena itu, saat ini kami sedang meninjau portofolio produk kami. Nanti kami akan menghadirkan pilihan varian model yang lebih sederhana. Mengingat, saat ini kami telah hadir dalam 45 model produk,” kata Markus Schafer.

Biasanya, dalam melakukan perampingan model, pabrikan akan mengutamakan model yang hadir pada platform yang sama dengan model lainnya. Artinya, model yang dilengkapi dengan platform "khusus" harus melalui studi mendalam jika ingin dipertahankan.